PPDB Tahap Kedua, Orang Tua Bebas Memilih SMK, Ini yang Perlu Diperhatikan

PPDB Tahap Kedua, Orang Tua Bebas Memilih SMK, Ini yang Perlu Diperhatikan
PPDB Tahap Kedua, Orang Tua Bebas Memilih SMK, Ini yang Perlu Diperhatikan

BOGOR-RADAR BOGORPendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap kedua untuk SMK, mulai dibuka besok, Kamis (23/6/2022).

Pada tahap kedua ini, para orang tua calon peserta didik tidak perlu risau dengan jarak rumah ke sekolah. Karena jalur yang dibuka pada tahap ini ialah jalur raport umum.

Baca juga: Banyak Orang Tua Keluhkan Sistem Online PPDB

Sehingga orang tua bebas memilih SMK mana yang akan menjadi tempat bersekolah anaknya.

Meski demikian, terdapat poin penting yang harus diperhatikan para orang tua ketika mendaftarkan anaknya.

Baca juga: Terbitkan Green Bond Rp 5 Triliun, BRI Tegaskan Sebagai Market Leader ESG Company di Indonesia

Ketua Pelaksana PPDB SMKN 1 Kota Bogor, Dede Suryana menjelaskan orang tua perlu mengetahui skor nilai raport yang dimiliki oleh anaknya, sehingga dapat memperhitungkan peluang yang dimiliki.

“Untuk jalur raport umum ini penilaiannya dari rata-rata nilai raport semester 1-5 mata pelajaran kelompok A. Semakin tinggi nilai raportnya, semakin besar peluang lolosnya,” papar Dede pada, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Atasi PMK, Airlangga Beberkan Upaya Pemerintah

Kelompok mata pelajaran A di antaranya terdiri dari mata pelajaran agama, matematika, Ilmu Pendidikan Alam (IPA), Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Ia menegaskan kepada orang tua untuk berhati-hati dan teliti dalam menginput nilai anaknya pada saat pendaftaran. “Harus sesuai raport, jangan sampai salah,” ujar Dede.

Baca juga: Dua Kecamatan di Bogor Diterjang Banjir dan Longsor, Puluhan Rumah Rusak. Satu Tewas! 

Dirinya menjelaskan pihak sekolah akan berusaha semaksimal mungkin membantu orang tua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

“Akan kita bantu bagi orang tua yang terkendala, mulai dari mengakses portal PPDB, proses pengunggahan dokumen, hingga mendapat nomor pendaftaran,” tuturnya.

Baca juga: Tutup Usia, Kombes Pol Hendri Fiuser Bakal Dimakamkan di TPU Kayumanis

Dede menyebut kuota pada jalur raport umum sebesar 25 persen dari total keseluruhan 468 kursi. Sebanyak 117 kursi disediakan pihaknya pada PPDB tahap kedua ini.

“Pendaftaran ini akan kita buka terus hingga tanggal 30 Juni 2022. Sebanyak apapun jumlah pendaftar akan kita tampung,” ucapnya.

Baca juga: Kabar Duka, Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Dirinya mengungkap antusias orang tua pada PPDB tahun ini sangat tinggi jauh melampaui kuota yang tersedia. “Jumlahnya mencapai 1000 orang, sedangkan kuotanya hanya 468 kursi,” terang Dede.

Dirinya menyebut jurusan dengan peminat pendaftar terbanyak ialah jurusan desain komunikasi visual dan akuntansi. (cr1)

Editor: Rany

Berita Lainnya