Rencana Pertemuan Jokowi-Putin 30 Juni  Jadi Sorotan Dunia, Apa Agendanya?

Pertemuan Jokowi-Putin
Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan dengan Presiden Putin pada 18 Mei 2016 lalu. Rencananya pertemuan Jokowi-Putin akan kembali dilaksanakan 30 Juni 2022.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Jokowi  akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni mendatang. Sontak, rencana pertemuan Jokowi-Putin itu jadi sorotan dunia.

Baca Juga : KKB Papua Ancam Presiden Jokowi : Tak Boleh Macam-macam, Kami Siap Merdeka

Beberapa media dunia seperti kantor berita Thailand Bangkok Post, kantor berita Rusia Tass, dan media Malaysia New Straits Times turut memberitakan kabar ini.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Seperti Media South China Morning Post yang turut memberitakan rencana pertemuan Jokowi-Putin itu.

“Indonesia Joko Widodo Bakal Bertemu Vladimir Putin di Moskow pada 30 Juni: Laporan Rusia,” demikian judul artikel SCMP.

“Pertemuan tersebut mungkin berhubungan dengan Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) Grup 20 yang akan disambut oleh Presiden Indonesia, yang populer dikenal sebagai Jokowi, di pulau Bali pada November,” demikian isi laporan SCMP.

Salah satu media asing, yakni The Diplomat, mengangkat isu tersebut dengan judul “Presiden Indonesia Jokowi Akan Kunjungi Rusia.”

“Presiden Indonesia Joko Widodo bakal berkunjung ke Rusia pekan depan untuk meyakinkan Presiden Rusia Vladimir Putin agar memfasilitasi ekspor gandum Ukraina yang dibutuhkan,” demikian laporan dari media tersebut.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengonfirmasi kabar rencana pertemuan Jokowi-Putin.

Baca Juga : Airlangga: KIB Kompak Kawal Program Pemerintahan Jokowi di Kabinet

Mahfud menuturkan, Jokowi akan bertemu Putin di Moskow pada 30 Juni mendatang. “Ya itu agenda presiden. Saya kira apa masalahnya? Kan cuma mau ketemu,” kata Mahfud.

Walaupun begitu, Mahfud tak membeberkan detail mengenai isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut.  “Jokowi bakal didampingi tim khusus,” pungkasnya. (net)

Editor : Yosep

Berita Lainnya