Gempa di Afghanistan, 255 Orang Tewas

ilustrasi
ilustrasi

RADAR BOGOR, Gempa bumi mengguncang Afghanistan. Sedikitnya, 255 orang dan puluhan orang terluka.

Dilansir BBC, Rabu (22/6/2022), gempa tersebut terjadi di wilayah selatan Afghanistan. Gambar-gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan orang-orang yang terluka ditandu dan puing-puing bangunan berserakan di Provinsi Paktika.

Baca juga: Airlangga Beberkan Bukti Dukungan Pemerintah ke Presidensi G20 dari Sektor Pangan dan Agribisnis Indonesia

Seorang pejabat pemerintah setempat mengatakan, jumlah korban tewas lebih dari 255 kemungkinan akan bertambah. Dan lebih dari 150 lainnya terluka. Gempa itu terjadi sekitar 44 kilometer sebelah tenggara Kota Khost.

Dampak gempa salah satunya terlihat di Provinsi Paktika. Di mana puing-puing berserakan dan korban terluka dibawa menggunakan tandu. Saat ini, Pemerintah Taliban tengah mengevakuasi warga yang terluka dengan helikopter.

Dalam laporan European Mediterranean Seismological Centre, getaran gempa terasa hingga 500 kilometer di Afghanistan, Pakistan, dan India. Afghanistan merupakan salah satu negara yang rentan gempa karena berada di wilayah yang aktif secara seismik. Selama 10 tahun terakhir, gempa di negara berpenduduk 38 juta jiwa tersebut telah menewaskan lebih dari 7.000 orang.

Editor: Rany

Berita Lainnya