25 radar bogor

Persaingan PPDB SMA/SMK Ketat, Lebih Dari 6000 Siswa Tersisih

PPDB di Kota Bogor
Ilustrasi pelaksanaan PPDB di Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahap pertama telah dilaksanakan pada, Senin (20/6/2022).

Ketatnya persaingan perebutan kursi, memaksa 6180 siswa tersisih.

Baca juga: Kolaborasi dengan BTS, Gojek Hadirkan Kegembiraan Bagi Masyarakat Global

Dari jumlah total pendaftar di tahap pertama yang mencapai angka 9025 siswa, pendaftar yang diterima pada tahap pertama ini hanya berjumlah 2845 siswa.

Pendaftaran tahap pertama pada SMA ini, diperuntukkan untuk jalur Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), kondisi tertentu, perpindahan orang tua atau maslahat guru tenaga kependidikan, prestasi kejuaraan akademik atau non akademik serta prestasi nilai rapot.

Baca juga: 320 Peserta Bersaing di Festival Lomba Seni Siswa Nasional, Terbagi di 5 Cabang

Pada PPDB SMK terdapat jalur ABK, KETM, kondisi tertentu, perpindahan tugas orang tua atau anak guru, prestasi kejuaraan, dan persiapan kelas industri.

Meski tersisih, Kepala Seksi Pengawasan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah II Jawa Barat (Jabar), Irman Khaeruman menjelaskan, siswa dapat mendaftarkan diri kembali pada pendaftaran tahap kedua.

“Tentu bisa mendaftar lagi melalui jalur zonasi untuk SMA dan jalur prestasi raport untuk SMK pada tanggal 23-30 Juni 2022,” tuturnya.

Baca juga: Yayasan Tiara Mandiri Cibinong Wisuda 380 Siswa

Dirinya berpesan kepada para calon peserta didik untuk memilih sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggalnya.

“Pilih yang terdekat, jangan memaksakan dengan memilih yang jauh. Pilih juga pilihan ketiga di sekolah swasta yang sudah mendaftar dan terintegrasi dengan portal PPDB Jabar,” terang Irman.

Kuota yang tersisa pada tahap kedua untuk SMA sebanyak 1,603 kursi, sedangkan untuk SMK berjumlah 763 kursi. (cr1)

Editor: Rany