25 radar bogor

Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 Qatar Ternyata Produksi Indonesia

Bola Piala Dunia 2022 Qatar
Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 Qatar yang ternyata produksi Indonesia.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Siap sangka, bola Piala Dunia 2022 Qatar merupakan produksi Indonesia. Bola bernama Al Rihla itu, merupakan produksi Kabupaten Madiun melalui PT Global Way Indonesia (GWI).

Baca Juga : Tiga Negara Ini Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026, Lebih Megah dan Meriah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, produksi itu berawal dari Adidas yang mempercayakan pembuatan bola Piala Dunia 2022 Qatar kepada pabrik di Jalan Raya Pilangkenceng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 1 juta bola dalam setahun.

”Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Aamiin ya rabbal alamin,” kata Khofifah saat melepas 50.000 buah bola piala dunia ke lima negara, Jumat (17/6/2022).

Adapun tujuan ekspor bola produksi PT Global Way Indonesia (GWI) tersebut yakni Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil.

Pelepasan ditandai dengan pemecahan kendi oleh Gubernur Khofifah bersama Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo.

”Alhamdulillah hari ini (17/6) kita melepas ekspor bola kelima negara. Kelima negara tersebut kualitas sepak bolanya diakui dunia. Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten Madiun menghadirkan produksi bola kualitas piala dunia dan siap dilepas ekspor,” ujar Khofifah.

Khofifah berharap capaian tersebut bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur. Selain itu menjadi referensi dan gravitasi bagi sektor industri lain.

Terlebih saat ini Jawa Timur tengah gencar memacu kebangkitan ekonomi yang sempat terkontraksi akibat pandemi Covid-19.

”Terima kasih karena saya diberi kesempatan untuk menyaksikan bahwa dari kampung pesilat Kabupaten Madiun ini melalui Global Way Indonesia telah diberi kepercayaan oleh Adidas untuk menyiapkan bola Piala Dunia 2022 di Qatar. Ini kesempatan luar biasa,” kata Khofifah.

”Produksi GWI seratus persen ekspor. Mudah-mudahan bisa menjadi bagian dari pengungkit perumbuhan ekonomi di Madiun serta Jawa Timur,” imbuh dia.

Sementara itu, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan, kehadiran Gubernur Khofifah mampu menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Madiun untuk bekerja lebih baik lagi.

Baca Juga : Piala Dunia 2022 Qatar Siap Digelar, Catat Nih Jadwalnya

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur, beliau ini jadwalnya padat sekali, tetapi kehadiran Ibu Gubernur memberi semangat bagi kita yang di Madiun,” ucap Bupati Ahmad Dawami.

General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo mengatakan, PT. GWI memproduksi berbagai macam aksesoris olahraga termasuk bola. PT GWI menyiapkan 50.000 bola untuk dikirim ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Brasil. ”Mohon doanya semoga semua berjalan dengan baik,” tutur Jeftha Wardojo. (jpg)

Editor : Yosep