25 radar bogor

Penggunaan Pelat Nomor Putih Dimulai di Tiga Daerah Ini, Berikut Mekanismenya

Ilustrasi pelat nomor putih
Ilustrasi pelat nomor putih

JAKARTA-RADAR BOGOR, Penggunaan pelat nomor putih pada kendaraan akan dimulai Juni ini. Informasi dari Korlantas Polri, ada tiga daerah pertama yang akan menggunakan pelat nomor putih bertuliskan hitam tersebut.

Baca Juga : Pelat Nomor Putih Berlaku Juni 2022, Polresta Bogor Kota Mulai Kaji Penerapan ETLE

Kasubdit STNK Korlantas Polri, Kombes Taslim Chairuddin mengatakan, tiga daerah pertama gunakan pelat nomor putih nantinya akan dimulai di Jawa Timur, Jawa Barat dan Sumatera Utara.

“Pemilihan tiga daerah pertama gunakan pelat nomor putih bertulisan hitam berdasarkan stok material pelat nomornya telah habis, sehingga mereka nantinya bisa langsung menggunakan pelat nomor baru,” tambah Kombes Taslim.

“Jika material spesifikasi lama habis, maka material baru akan digunakan. Artinya, penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan spesifikasi warna dasar putih dengan tulisan hitam sudah kami mulai,” tuturnya.

Dilansir dari pmjnews.com, ada beberapa mekanisme untuk masyarakat bisa mendapatkan pelat nomor putih.

Salah satunya yakni dengan habisnya masa pelat lima tahunannya, dan saat melakukan pembayaran pajak kendaraan maka pelat nomor langsung di ganti.

“Mekanismenya sama dengan layanan Regident selama ini, berproses secara alami, masyarakat datang minta layanan Regident. Lalu kita gunakan material yang ada, namun kita prioritaskan dulu untuk menghabiskan material stok lama,” jelasnya.

Sebelumnya diinformasikan bahwa, pemberlakuan pelat nomor putih mulai pertengahan Juni. “Polri memprioritaskan penggantian pelat warna dasar putih ini bagi kendaraan yang masa berlaku TNKB sudah habis dan kendaraan baru,” jelas Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Kebijakan baru ini bertujuan untuk memudahkan kamera e-TLE yang dipasang di ruas jalan bisa dalam membaca pelat nomor kendaraan yang lewat.

Baca Juga : Polri Lakukan Pengadaan Pelat Nomor Warna Putih Tahun Depan

Dengan demikian akan sangat membantu dalam penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang sudah mulai diberlakukan beberapa waktu belakangan ini.

Pihak Polri menargetkan pada 2027 nanti semua kendaraan pribadi di Indonesia sudah menggunakan pelat berlatar putih dengan tulisan hitam. (net)

Editor : Yosep