25 radar bogor

Zulkifli Hasan Jabat Menteri Perdagangan, Begini Harapan Pengusaha Ekspor

CEO PT Minaqu Indonesia Group, Ade Wardhana Adinata (kanan).

BOGOR-RADAR BOGOR, Zulkifli Hasan resmi menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), Rabu (15/6). Sosoknya sebagai menteri yang baru itu diharapkan bisa menjadi angin segar bagi para pebisnis di Indonesia.

CEO PT Minaqu Indonesia Group, Ade Wardhana Adinata menyambut baik pergantian kabinet di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo itu. Meski sosok Zulhas kental dalam dunia politik, kiprahnya cukup dikenal kalangan luas. Oleh karena itu, Ade tetap menyambut penyegaran menteri itu dengan sejumlah optimisme.

Ia mengakui, tantangan Kemendag yang baru itu sangat berat. Namun, sejumlah strategi harus disiapkan. Beberapa diantaranya, saran Ade, terkait stabilitas dalam negeri dengan meningkatkan produktivitas ekspor dengan produk berkualitas tinggi.

“Ini bisa dilakukan dengan kerja sama melalui kementerian teknis, semisal di bidang produksi makanan, peternakan, maupun lingkungan,” imbuh eksportir asal Bogor ini, dikonfirmasi Radar Bogor, Rabu (15/6).

Ade menambahkan, proses mendongkrak produktivitas ekspor itu bisa pula dengan cara membentuk sebuah komite khusus yang fokus terhadap agrifood trade (perdagangan pangan pertanian). Apalagi, Indonesia sebagai Ketua G-20 memiliki kesempatan untuk tampil di panggung internasional.

“Perlu juga adanya promosi dan diupayakan market akses, penyelarasan kebijakan perdagangan melalui Agrifood,” tegas alumnus IPB University ini.

Lantaran Indonesia merupakan negara agraris. Perdagangan pangan pertanian semacam itu harus menjadi prioritas. Hal itu disebutnya akan membawa pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah Indonesia.

“Bagi pelaku bisnis, kami mengharapkan Kemendag harus berperan mengurangi hambatan akses pasar, membantu eksportir secara maksimal, melakukan pendekatan internasional dengan memaksimalkan fungsi Atase Perdagangan dengan KPI yang terukur,” harapnya.

Sosok Zulhas, sapaannya, dianggap bisa menjadi harapan baru. Menurut Ade, politikus tetap punya kapasitas. Gairah baru akan menjadi angin segar untuk segera mempercepat gerak roda perekonomian.

“Semoga dapat memperhatikan usulan kami para pelaku bisnis yang memiliki semangat untuk bersama-sama membangun bangsa. Tidak hanya sekadar ekonomi semata,” tutupnya. (mam)