25 radar bogor

Kampung Herbal Dua Diresmikan, Dorong Perekonomian Masyarakat Parung

PLT Bupati Bogor, Iwan Setiawan resmikan kampung herbal, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rabu (15/6/2022).
PLT Bupati Bogor, Iwan Setiawan resmikan kampung herbal, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rabu (15/6/2022).

PARUNG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor dan TP-PKK Kabupaten Bogor bersama PT. Bintang Tujuh resmikan Kampung Herbal sekaligus panen jahe merah di Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Rabu (15/6/2022).

“Saya lihat warga disini gemar menanam hampir tidak ada lahan kosong semua dimanfaatkan, tentunya keberadaan Kampung Herbal ini harus disesuaikan dengan keahliannya dalam memelihara lingkungan,” kata Plt Bupati, Iwan Setiawan saat peresmian Kampung Herbal.

Baca juga: Wabah PMK Kota Bogor Kian Mengkhawatirkan, Komisi IV DPRD Panggil DKPP

Menurut Iwan, Kampung Herbal merupakan program luar biasa yang bisa diadopsi menjadi Program Pemkab Bogor melalui bantuan Distanhorbun. Karena dapat menambah dan meningkatkan perekonomian.

“PKK ini bukan SKPD, tetapi hanya mitra Pemkab Bogor. Karena, ini tidak bisa massif dilaksanakan ke seluruh desa yang keterbatasan akses dan anggaran. Makanya ingin mengadopsi program tersebut,” ucapnya.

Baca juga: Vaksinasi PMK Nasional Dimulai, Kota Bogor Masih Menunggu

Senada, Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah menuturkan bahwa program Kampung Herbal itu merupakan program tepat guna dan berdaya guna, di tengah situasi dan kondisi masyarakat yang sedang menghadapi pandemi Covid-19.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat dimulai melalui hal kecil, yaitu dengan memanfaatkan halaman pekarangan rumah untuk ditanami tanaman pangan dan obat keluarga,” jelasnya.

Baca juga: Beda dari yang Lain, Gami Bontang 135 Buka Cabang Baru, Disini Lokasinya!

Ia mengaku, tanaman herbal bukan hanya sekedar untuk dikoleksi dan menghias halaman kita tetapi jadi alternatif lain dalam hal pengobatan dan bernilai ekonomi sangat tinggi untuk dikembangkan.

“Mudah-mudahan ini bisa berkembang hingga ke desa lain di Kabupaten Bogor,” cetusnya.

Baca juga: Angka Kematian Penyakit Tidak Menular di Kota Bogor Tembus 621 Jiwa, Lima Penyakit Ini Tertinggi

Sementara Sustainable Development Goals PT Bintang Tujuh, Zaini Ahsan mengungkapkan, program Kampung Herbal ini berawal dari keinginan untuk membumikan jahe merah, membuat masyarakat turut partisipasi menyukseskan ekosistem jahe merah.

“Alhamdulilah PKK Kabupaten Bogor dan Bintang Tujuh lakukan sinergi bentuk Kampung Herbal untuk Indonesia,” kata Zaini.

Baca juga: Ayo! 202 SD Negeri Masih Buka Pendaftaran

Dirinya berharap, dengan adanya Kampung Herbal ini, semakin menancap dan hangat di hati masyarakat, khusus di Desa Pamegarsari juga dapat memberikan banyak manfaat.

“Tentu manfaatnya sangat banyak dan dirasakan semua warga khususnya wilayah Parung dan sekitar,” ungkapnya.

Sekedar informasi, peluncuran Kampung Herbal di Desa Pamegarsari ini merupakan lokasi ke dua, karena sebelumnya telah melaunching Kampung Herbal di Desa Bojongnangka, Kecamatan Gunungputri pada 2021 lalu hasil kerjasama dengan PT. Mitra Tata LIngkungan Baru. (Abi)

Editor: Rany