25 radar bogor

Angka Kematian Penyakit Tidak Menular di Kota Bogor Tembus 621 Jiwa, Lima Penyakit Ini Tertinggi

Ilustrasi. Pemakaman jenazah pasien Covid-19. Angka kematian pada Selasa (27/7) pecah rekor lagi yakni 2.069 jiwa dalam sehari. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

BOGOR-RADAR BOGOR, Angka kematian karena penyakit tidak menular (PTM) di Kota Bogor semakin mengkhawatirkan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat, jumlah kematian lima penyakit tidak menular terbanyak di tahun 2021 tembus 621 jiwa.

Baca juga: Ayo! 202 SD Negeri Masih Buka Pendaftaran

“Untuk kematian di Kota Bogor cukup banyak karena PTM seperti diabetes, jantung, hipertensi dan sebagainya. Hal itu dikarenakan pola hidup, kebiasaan, pola makan dan sebagainya. Atau ada tiga hal faktor utama adanya PTM yaitu karena gaya hidup, akses fasilitas kesehatan (faskes) dan status sosial,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat menghadiri kick off gerakan bulan deteksi PTM melalui Paguyuban Gerakan terpadu Skrining Kesehatan atas kolaborasi Sembilan (Salapan) di Villa Arum Sari, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat pada Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, Pemkot Bogor bergerak melakukan deteksi dini PTM dengan kolaborasi antara aparatur kecamatan, kelurahan, puskesmas dan organisasi-organisasi di Kota Bogor. Untuk menyadarkan kembali masyarakat agar hidup sehat dan melakukan pengecekan secara rutin.

Baca juga: PMK Bertambah di Kota Bogor, Sudah Banyak Sapi yang Sembuh

“Semisal cek darah dan lainnya. Tim kolaborasi akan terjun kelapangan, angka harapan hidup di Kota Bogor minim karena gaya hidup, akses faskes dan status sosial tadi. Tiga ini terus kami tingkatkan, dengan edukasi menyeluruh terus menerus, kemudian akses faskes di perbaiki agar warga mudah menjangkau atau mobilisasi warga ke faskes dekat. RT, RW, Posyandu dan Posbindu bergerak menjemput warga,” tuturnya.

Terkait status sosial, pihaknya meningkatkan kesejahteraan warga melalui intervensi program kegiatan.

Dari data yang ada, angka harapan hidup Kota Bogor 73,61 persen, di mana kuncinya semua bergerak berkolaborasi mulai dari usia dini sampai ibu-ibu, serta mengubah gaya hidup.

Baca juga: Terima Hibah Teknologi dari Eropa, Warga Binaan Bisa Minum Langsung Air Keran

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, jumlah kematian lima penyakit tidak menular terbanyak di tahun 2021 adalah pertama stroke sebanyak 164 oang, dari jumlah kasus sebanyak 3.435.

Kedua, penyakit jantung koroner sebanyak 117 orang dari jumlah kasus 3.051.

Ketiga, hipertensi dengn komplikasi 120 orang dari jumlah kasus 56.411.

Keempat, kanker sebanyak 115 orang dari jumlah kasus 821 dan terakhir diabetes mellitus dengan komplikasi sebanyak 105 orang dari jumlah kasus 17.801.

Baca juga: Lebih Hemat Mana, Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik?

Penyakit tidak menular semakin menjadi ancaman bagi kesehatan di Indonesia selama pandemi Covid-19 karena menjadi komorbid yang mengakibatkan fatality rate penderita Covid-19 meningkat yang berujung pada meningkatnya angka kematian.

“Selain meningkatnya angka kesakitan dan kematian, meningkatnya jumlah kasus PTM sangat berdampak besar terhadap lonjakan beban biaya kesehatan,” paparnya.

Maka itu, gerakan bulan deteksi PTM di Kota Bogor dilaksanakan melalui Paguyuban Salapan, sasaran untuk meningkatkan pelayanan kesehatan usia produktif dan lansia.

Pertama, msyarakat umum usia lebih dari 15 tahun, posbindu PTM sebanyak 522 dari 612 posbindu yang ada di Kota Bogor.

Baca juga: UU Serah Simpan Karya Belum Sepenuhnya Tersosialisasi

Kedua, ASN dengan program Pamong Walagri, WUS (IVA CBE) untuk wanita usia subur 30 sampai 50 tahun. Kemudian perkantoran swasta, Industri, tingkat SMA sederajat, universitas, klinik dan rumah sakit.

Lalu layanan kesehatan yang dilaksanakan terdiri dari Sembilan (Salapan) jenis.

Yaitu, kata dia, mulai dari deteksi gizi, deteksi dini hipertensi, deteksi dini diabetes melitus, deteksi dini kanker, leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini kesehatan jiwa, deteksi tajam penglihatan, deteksi tajam pendengaran, deteksi dini Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) dan upaya berhenti merokok (UBM).

Baca juga: Buruh Tolak Pengesahan RUU PPP

Retno menegaskan, kunci utama dalam keberhasilan kegiatan gerakan bulan deteksi PTM di masa pandemi dalah mengoptimalkan kepatuhan dan kedisiplinan pada penerapan protokol kesehatan. Baik oleh petugas maupun masyarakat yang dilayani.

Serta tercapainya pencegahan dan pengendalian PTM, termasuk mengurangi risiko keparahan bagi orang yang terdampak Covid-19 karena penyakit penyertanya.

“Ucapan terima kasih kepada seluruh stake holder rumah sakit, klinik, organisasi profesi, industri, perkantoran, unsur pendidikan, maupun kader-kader kesehatan yang sudah berkolaborasi dalam pelaksanaan deteksi dini PTM dan penerapan GERMAS (Gerakan Masyarakat),” tukasnya.(ded)

Editor: Rany