25 radar bogor

13 Jemaah Haji Dilarikan ke Rumah Sakit, Dehidrasi Hingga Kaki Melepuh

Ilustrasi Jemaah Haji
Ilustrasi Jemaah haji sedang Tawaf

MADINAH-Sebanyak 13 jemaah haji Indonesia dilaporkan dilarikan ke rumah sakit dan menjalani rawat inap. Mereka terdiri atas 7 jamaah laki-laki dan 6 jemaah perempuan.

Baca Juga : 17.983 Jamaah Haji Asal Indonesia Telah Tiba di Madinah

“Totalnya ada 13 pasien jemaah haji. Yang di RS Arab Saudi ada tiga jemaah. Tapi sudah keluar atau sudah pulang semua,” kata Kepala Tim KKHI Madinah, Enny Nuryanti kepada wartawan, Senin (13/6/2022).

Adapun total kunjungan sejak kedatangan jemaah haji di Madinah sebanyak 55 kunjungan. Namun, seluruhnya mengalami penyakit ringan. Kondisinya tidak parah, sehingga tak diharuskan rawat inap.

“Penyakit terbanyak adalah cellulitis, dehidrasi, diabetes mellitus, hipertensi dan luka bakar atau kaki melepuh. Karena cuacanya panas. Dari itu, jamaah diimbau tetap pakai kaus kaki dan sandal jika berada di luar hotel. Banyak minum air putih,” imbuhnya.

Baca Juga : Permudah Komunikasi Jamaah Haji, XL Axiata Sediakan Kartu Perdana Khusus   

Enny berharap tidak banyak jemaah haji yang sakit. Mereka diharapkan mampu menjaga kesehatan lebih maksimal. “Semoga tidak ada yang sakit. Itu dia dan harapan saya. Lancar dalam menjalankan ibadah haji,” katanya.

Diketahui, saat ini cuaca di Madinah, rata-rata mencapai 43-46 derajat celsius. Jemaah haji diharapkan, tidak berkepentingan atau tidak akan melaksanakan ibadah, disarankan untuk berada di pemondokan atau hotel. Jika harus banyak beraktivitas di luar hotel, tetap membawa air minum. (jpg)

Editor : Yosep