25 radar bogor

Harga Kacang Kedelai Melonjak Rp1,2 Juta per Kwintal, Pengusaha Tempe Kelimpungan

Harga Kacang Kedelai
Melonjaknya harga kacang kedelai membuat pengusaha tempe rumahan di Kampung Sinar Harapan, Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kusnanto kelimpungan.

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Harga kacang kedelai sebagai bahan baku tempe mengalami kenaikan drastis. Saat ini sudah mencapai Rp1.240.000 per kwintal.

Baca Juga : Kasus Pabrik Tahu Berformalin di Parung, Disinyalir Ada Jaringan Lain 

“Sebelumnya hanya Rp 850 ribu per kwintal, itu sudah paling mahal,” kata pengusaha tempe rumahan di Kampung Sinar Harapan, Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kusnanto (58).

Menurutnya, harga kacang kedelai sudah mulai merangkak naik sejak sebelum Ramadan. Kondisi ini tentu dirasakan semua pabrik lain juga. “Selain harga yang tinggi, kacang kedelai juga sulit ditemukan dan harus mencari ke pasar lain,” keluhnya.

Dirinya mengaku, meskipun harga kacang kedelai mahal, potongan tempe tidak dikurangi karena takut konsumen atau pembeli komplain.

Baca Juga : Warga Pakansari Tewas Tenggelam di Setu Cikaret, Penyebabnya Misterius

“Untuk pendapatan sangat jauh, bahkan selama ada Covid-19 saya cuma bisa buat makan,” cetusnya.

Dia berharap pemerintah segera menurunkan harga kacang kedelai. “Untuk sementara saya tidak pakai pegawai, hanya dibantu istri karena belum mampu bayarnya,” pungkas Kusnanto. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep