Preview Indonesia vs Jordania : Maksimalkan Laga Kunci

Timnas Indonesia
Selebrasi Rachmat Irianto (kedua dari kiri) bersama pemain Timnas Indonesia. (PSSI.org)

KUWAIT CITY—RADAR BOGOR, Tim nasional Indonesia akan melakoni  laga kedua Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Jordania, dini hari nanti. Ini bisa menjadi laga kunci tiket putaran final Piala Asia tahun depan sehingga Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan harus kembali menunjukkan daya juangnya.

Timnas Indonesia Kalahkan Kuwait, Berikut Klasemen Grup A dan Jadwal Selanjutnya

Pada laga perdana di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad yang juga akan menjadi venue duel dini hari nanti, Indonesia sukses mempermalukan Kuwait dengan skor 2-1 berkat penampilan spartannya. Meski tuan rumah tampil lebih dominan, Indonesia mampu memberikan perlawanan sengit dan performa yang konsisten selama 90 menit.

prodi haji umroh uika bogor

Apa yang ditampilkan anak asuh Shin tae-yong menjadi bukti mereka juga bisa menjadi lawan sulit bagi Jordania yang di partai perdana mengalahkan Nepal dengan skor 2-0. Apalagi, gaya bermain Kuwait dan Jordania relatif sama.

Jika merujuk pada peringkat FIFA dan sejarah pertemuan, Jordania jelas akan menjadi favorit di pertandingan ini. Seperti diketahui, Jordania saat ini menempati peringkat 91 dunia. Sebaliknya, Indonesia masih di posisi 159.

Statistik head to head juga terlihat timpang. Al Nashama, julukan Jordania sebelumnya kembali menang tipis 1-0. Dua tahun kemudian, atau tepatnya pada 31 Januari 2013, Tim Garuda kembali takluk 0-5 di laga uji coba. 

Jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023 Timnas Indonesia vs Kuwait, Melawan Cuaca Panas

Sementara di pertemuan terakhir yang berlangsung pada 11 Juni 2019 yang juga merupakan partai persahabatan, Jordania unggul 4-1. Namun perlu dicatat bahwa keempat duel tersebut berlangsung di Amman, ibu kota Jordania.

Dengan pertandingan berlangsung di tempat netral, peluang membalas kekalahan sekaligus membuat sejarah baru sangat terbuka. Atau paling tidak, Marc Klok dan kawan-kawan bisa mencuri satu angka dan memaksimalkan laga terakhir kontra Nepal yang secara rangking berada di bawah Indonesia.

Shin Tae-yong sendiri menegaskan bahwa mereka akan berusaha melakukan yang terbaik di dua laga terakhir Grup A agar bisa lolos ke putaran final Piala Asia.

“Kami akan terus melangkah dan melakukan yang terbaik untuk lolos ke babak utama,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers usai laga kontra Kuwait.

Pelatih asal Korea Selatan itu percaya Indonesia masih bisa berkembang. Yang terpenting kata dia, pemain mau menunjukkan daya juang di lapangan. Menurutnya, itu sudah mereka tunjukkan di laga pertama. “Saya yakin kemenangan bisa datang tergantung seberapa besar para pemain berjuang di lapangan,” ujarnya di situs resmi PSSI. 

Di kubu Jordania, pelatih Adnan Hamad sejak awal sudah mewanti-wanti anak asuhnya bahwa laga versus Indonesia tidak akan menjadi pertandingan mudah. Menurutnya, kemenangan atas tuan rumah menjadi bukti Tim Garuda tidak bisa diremehkan.

“Tidak ada keraguan bahwa kemenangan mereka melawan tuan rumah mengubah prediksi grup. Kemenangan itu membuat mereka memiliki peluang setara untuk lolos ke (putaran) final,” kata Adnan Hamad di jfa.jo.

Makanya, sang pelatih berharap anak asuhnya bisa tampil lebih bagus. “Ini (Indonesia) adalah tim yang terorganisir dan mempersiapkan diri dengan baik untuk kualifikasi ini. Kami harus memberikan level yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan dan maju ke puncak grup,” tegas pelatih asal Iran tersebut. (fjr)

Selain Musa Al-Taamari, dua nama yang juga patut diwaspadai Indonesia adalah Ali Olwan dan Hamza Al-Dardour. Keduanya menjadi pencetak gol Jordania di laga sebelumnya. Khusus Hamza Al-Dardour, ia adalah pemain paling berpengalaman sekaligus top skor dalam skuat Jordania saat ini. Pemain klub Al-Ramtha itu sudah mengantongi 101 caps dan mencetak 32 gol internasional.

Indonesia sementara itu diprediksi tidak akan melakukan perubahan signifikan. Kecuali jika Shin Tae-yong ingin mencoba membendung serangan sayap lawan, ia bisa memainkan Asnawi Mangkualam sejak awal. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Indonesia (5-3-2): Nadeo Argawinata; Asnawi, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Mark Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Witan Sulaeman

Jordania (4-4-2): Yazid Abu Layla; Yazan Al-Arab, Abdullah Nassib, Muhammad Abu Hasheesh, Ihsan Haddad; Bahaa Abdel-Rahman, Saleh Rateb, Ali Oliwan, Musa Al-Taamari; Sharara, Hamza Al-Dardour

Berita Lainnya