25 radar bogor

17.983 Jamaah Haji Asal Indonesia Telah Tiba di Madinah

Ilustrasi katering jemaah haji
Ilustrasi katering jemaah haji

RADAR BOGORJumlah jamaah haji asal Indonesia sudah semakin banyak yang tiba di Madinah, Arab Saudi. Sampai dengan Jumat (10/6) setidaknya sudah ada 17.983 jamaah yang tiba di sana.

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin mengatakan, sebanyak 14.757 jamaah diberanhkatkan sampai dengan hari kelima penerbangan. Sedangkan 3.226 jamaah lainnya tiba pada Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Keberadaan KIB Disebut Strategis dan Menarik Perhatian

“Untuk pemberangkatan pada hari keenam, ada 8 kloter dari 5 embarkasi, dengan total 3.226 jemaah,” kata Fauzin kepada wartawan, Sabtu (11/6).

Menurut Fauzin, jamaah Haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama, seluruhnya mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Mereka akan tinggal di Madinah antara 8-9 hari dengan memperhitungkan kecukupan waktu shalat arbain atau salat fardhu 40 waktu.

Baca juga: Perluas Konsep Community Banking, BRI Luncurkan BRIWORK Ketiga di Universitas Jember

“Setelah menjalani berbagai rangkaian ibadah dan ziarah di Madinah, jemaah selanjutnya diberangkatkan menuju Makkah untuk melaksanakan umrah wajib dan berbagai ibadah lainnya sampai dengan selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji,” imbuhnya.

Berikut data jamaah yang berangkat pada hari keenam:
1. JKG: 1 kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 393 orang
2. JKS: 2 kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 820 orang
3. PDG: 1 kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 393 orang
4. SOC: 2 kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 720 orang
5. SUB: 2 kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 900 orang

Editor: Rany