PLT Bupati Bogor : Selain Tol Puncak, Harus Ada Destinasi Wisata Baru

Ilustrasi Jalur Puncak
Sebanyak 30 ribuan kendaraan tercatat memasuki Jalur Puncak, Kabupaten Bogor 4 Mei lalu. Guna mengurai kemacetan, pemerintah merencanakan membangun Tol Puncak Caringin-Gunung Mas. Nelvi/Radar Bogor.
Ilustrasi Tol Puncak
Sebanyak 30 ribuan kendaraan tercatat memasuki Jalur Puncak, Kabupaten Bogor 4 Mei lalu. Guna mengurai kemacetan, pemerintah merencanakan membangun Tol Puncak Caringin-Gunung Mas. Nelvi/Radar Bogor.

CISARUA-RADAR BOGOR, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengapresiasi rencana pemerintah pusat membangun jalan Tol Puncak Caringin-Gunung Mas.

Baca Juga : Soal Pembangunan Tol Puncak Caringin-Gunung Mas, Camat Bilang Begini

Hanya, ada yang penting harus diperhatikan yaitu perlu juga dibangun destinasi-destinasi wisata baru di wilayah itu. Sebab, mereka yang ke Puncak itu tujuannya wisata bukan ke Cianjur atau ke Bandung.

“Jadi selain jalan Tol Puncak harus ada destinasi wisata baru di jalur Caringin dan Cigombong,” kata Plt Bupati Iwan Setiawan, kepada Radar Bogor Jumat (10/6/2022).

Dengan begitu, politisi Partai Gerindra itu meyakini, kemacetan di Jalan Raya Puncak bisa terurai.

“Jadi kalau jalan Tol Puncak saja, tanpa dibangun destinasi baru untuk bisa memecah wisatawan, Puncak akan tetap macet,” ujarnya.

Iwan memaparkan, Kemacetan Puncak ini dikarenakan tidak ada pilihan wisata bagi wisatawan yang akan ke Kabupaten Bogor.

Sehingga, semua terfokus di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Membuat setiap akhir pekan selalu dipusingkan dengan kemacetan.

Iwan mengaku, potensi wisata alam di sepanjang jalur Tol Puncak nantinya tidak kalah eksotis dengan wisata di jalur utama Puncak. Sehingga ini harus dimaksimalkan betul.

“Inikan Caringin arah ke Puncak melewati perbukitan. Itu panorama dan cuacanya hampir sama dengan Puncak. Bisa jadi daya tarik juga,” tukasnya.

Baca Juga : Terkait Rencana Pembangunan Tol Puncak, PHRI Minta Kajian Matang Soal Ini

Diberitakan sebelumnya untuk memecah kemacetan di jalur puncak, Pemerintah pusat akan membangun Tol Puncak Caringin-Gunung Mas.

Anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi mengatakan pihaknya sudah melakukan peninjauan dengan Dirjen perhubungan. Diharapkan bisa terealisasi secepatnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep

Berita Lainnya