25 radar bogor

Warga Was-Was, Sungai Cikalong Meluap

Warga Was-Was, Sungai Cikalong Meluap
Warga Was-Was, Sungai Cikalong Meluap

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Hujan deras disertai angin membuat Sungai Cikalong yang berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cigudeg meluap, Kamis (9/6/2022). Akibatnya, rumah warga dibantaran sungai terancam.

“Hujan lebat dan ada kemungkinan di hulu masih deras. Bahkan, air nyaris masuk ke area pemukiman warga dibantaran Sungai Cikalong,” kata warga sekitar, Roni (38).

“Ada beberapa rumah berada dipinggiran sungai, bahkan sudah mulai dekat ke area teras depan,” tambahnya.

Baca juga: Gunakan Aplikasi Teknologi Digital, Mendag Pastikan Distribusi Minyak Goreng Curah Terkontrol

Senada, Sumitra (29) mengaku cemas karena rumah yang ditempati bersama keluarga sangat dekat dengan aliran Sungai Cikalong.

“Kalau hujan keluarga sangat takut, apalagi ada anak kecil, makanya saat ini kami tetap siaga khawatir air meluap,” jelasnya.

Dirinya berharap, pemerintah setempat untuk dibuatkan Tembok Penahan Tanah (TPT) di aliran sungai tersebut. Agar warga tidak dihantui rasa cemas.

“Kalau sungai meluap bukan rumah saja yang terdampak tapi kebun dan area sawah terancam gagal panen,” harapnya.

Baca juga: Marak Upaya Penipuan Perbankan, BRI Imbau Masyarakat Jaga Kerahasiaan Data dan Password

Sementara Anggota BPD Mekarjaya Ilham Ariansyah membenarkan kejadian tersebut. Dirinya pun berharap, pemerintah dapat segera membangun TPT di aliran sungai Cikalong tersebut.

“Agar pihak terkait dapat segera membangun TPT, dulu sempat dibangun hanya saja belum sampai ke area pemukiman warga di Kampung Cikalong RT 01 RW 03 tersebut,” ungkapnya.
(Abi)

Editor: Rany