25 radar bogor

Jenazah Eril Akan Disucikan, Dikafani dan Disalatkan sesuai Syariat Islam

Jenazah Eril Akan Disucikan, Dikafani dan Disalatkan sesuai Syariat Islam
Jenazah Eril Akan Disucikan, Dikafani dan Disalatkan sesuai Syariat Islam

RADAR BOGORJenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

“Bahwa kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami KBRI bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal tentang ditemukannya jenazah yang diduga ananda Eril, pukul 06.50 pagi waktu Swiss 11.50 WIB,” ujar Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Begini Kronologi Penemuan Jenazah Eril di Bendungan Engehalde

Keluarga Ridwan Kamil berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah menemukan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Keluarga memastikan menindaklanjuti penyerahan jenazah Eril dengan melakukan pemenuhan hak Eril yang wafat sebagai muslim.

Baca juga: Dimakamkan Senin, Jenazah Eril Dijadwalkan Tiba di Indonesia Minggu

“Hari ini alhamdulillah, KBRI menyampaikan kabar bahwa upaya pencarian (Eril) bertemu kepada takdir yang diharapkan, pertemuan yang diridhoi Allah,” ujar perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, Kamis (9/6).

“(Jenazah Eril) akan disucikan dikafani, disalatkan sesuai syariat Islam,” sambung Elpi. Dalam kesempatan itu, keluarga berharap jenazah Eril dapat tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6).

Baca juga: Ditemukan di Bendungan, Eril Diduga Terseret 32 Kilometer dari Lokasi Kejadian

Jenazah anak sulung Ridwan Kamil yang sempat hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss, Emmeril Khan Mumtadz, akhirnya ditemukan pada, Rabu (8/6). Kepastian itu diumumkan pihak kepolisian Swiss.

Eril hanyut terbawa arus saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis 26 Mei lalu. Ia sempat membantu adik dan temannya untuk naik ke permukaan. Namun, Eril tak bisa menahan derasnya arus.

Baca juga: Jenazah Eril Ditemukan, Atalia: Alhamdulillah Allahu Akbar!

Keluarga RK mengumumkan saat itu Eril tengah mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan S2. Sejak dinyatakan hilang, hingga sepekan lebih Emil bersama istrinya, Atalia, ikut memantau langsung proses pencarian.

Emil ikut menyusuri tepi Sungai Aare. Namun, upaya tim SAR setempat belum membuahkan hasil. Jasad Eril tak kunjung ketemu. Pihak keluarga pun telah mengikhlaskan Eril sudah meninggal. (*)

Editor: Rany