25 radar bogor

PPDB Tingkat SD di Kota Bogor Hari Pertama, Sekolah Siapkan Dua Rombel

Ilustrasi PPDB di Kota Bogor
Ilustrasi PPDB di Kota Bogor
PPDB Tingkat SD di Kota Bogor
Pelaksanaan PPDB tingkat SD di Kota Bogor, hari pertama Senin (6/6/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB tingkat SD di Kota Bogor, Senin (6/6/2022) relatif lancar. Salah satunya di SDN Polisi 2 Bogor.

Baca Juga : Hari Pertama PPDB di Kota Bogor, Server Sempat Down. Ini Kata KCD!

Sejumlah orang tua sudah mulai mendatangi sekolah yang berada tepat di belakang Polresta Bogor Kota tersebut, untuk menjalani serangkaian proses PPDB tingkat SD di Kota Bogor.

Sebagian besar mereka daftar melalui Jalur afirmasi, atau jalur yang diperuntukan bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu melanjutkan jenjang pendidikan.

Kepala SDN Polisi 2 Boor Agustina Johana P mengatakan, tercatat sudah ada 20 calon siswa yang mendaftar melalui jalur afirmasi hingga pukul 10.00 WIB.

“Dua hari ini kami membuka pendaftaran jalur afirmasi, dan perpindahan. Kami masih menunggu siapa yang mengembalikan persyaratan secara lengkap baik Kartu Kekuarga, ijazah TK, dan sebagainya,” ujar Agustina, Senin (6/6/2022).

Agutina menjelaskan, PPDB tingkat SD di Kota Bogor untuk jalur afirmasi sebagian besar memberikan ruang bagi siswa tidak mampu yang bertempat tinggal di sekitar lokasi sekolah, termasuk banyak calon siswa yang berasal dari panti asuhan yang berada di SDN Polisi 2.

“Kami menyiapkan dua rombel dengan asumsi siswa sebanyak 28 orang, atau 56 orang totalnya. Mudah-mudahan tercapai,” katanya.

Pihaknya harus menunggu hingga batas waktu penutupan pendaftaran PPDB tingkat SD di Kota Bogor jalur afirmasi, dan perpindahan yakni hingga Selasa (7/6/2022).

Sementara itu, Kepala Seksi Kurikulum SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Rini Mulyani mengaku tak mengalami kendala berarti pada saat hari pertama PPDB tingkat SD di Kota Bogor dibuka.

“PPDB untuk 6-7 Juni ini meliputi afirmasi, perpindahan orang tua, dan maslahat guru dengan kuota sebanyak 20 persen,” katanya.

Hingga kini server berjalan normal, dan operator termasuk orang tua calon siswa dapat mengaksesnya secara real time.

“Untuk SD ada juga yang didaftarkan oleh operator sekolah, dan orang tua harus menyetorkan dokumen yang dipersyaratkan untuk afirmasi, misal SKTM dan sebagainya,” ucapnya.

Baca Juga : PPDB SMP di Kota Bogor : Berikut Kuota, Mekanisme dan Daftar Jalur Zonasi

Lalu, untuk jalur perpindahan, pihak orang tua wajib menyertakan dokumen aslinya. “Jadi pasti alurnya orang tua ke sekolah, ada yang di dadaftarkan oleh sekolah,” ucapnya.

Saat ditanya berapa yang sudah mendaftar secara sistem, Rini menyebut hingga pukul 09.00 WIB, ada sebanyak 8 calon siswa yang mendaftar melalui jalur afirmasi, dan 10 orang perpindahan. “Intinya tidak ada masalah, nanti kita cek setelah penutupan,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep