25 radar bogor

DLH Tanam Ratusan Pohon di Hutan Pinus Gunung Pancar

DLH Tanam Ratusan Pohon di Hutan Pinus Gunung Pancar
DLH Tanam Ratusan Pohon di Hutan Pinus Gunung Pancar

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Jaga ekosistem hutan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat dan aparat setempat menanam ratusan pohon di Kawasan Hutan Pinus Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Babakan Madang.

Kepala DLH Kabupaten Bogor, Ade Yana Mulyana mengatakan, bumi saat ini menghadapi krisis iklim yang memanas terlalu cepat. Rusaknya ekosistem seperti ratusan spesies tanaman hampir punah, diperparah polusi yang telah meracuni udara, tanah dan air.

Baca juga: Iwan Setiawan Minta Masyarakat Dukung Penuh Persikabo

“Kita harus beralih dari merusak bumi menjadi menyembuhkannya,” ucapnya dalam kegiatan tersebut, Minggu (5/6/2022).

Menurutnya, jalan keluar dari dilema tersebut adalah dengan mengubah masyarakat menjadi inklusif, adil dan lebih terhubung dengan alam.

“Salah satu upaya untuk menjaga kelangsungan hidup adalah melalui kegiatan tanam pohon dari sekarang hingga generasi ke generasi,” jelasnya.

Baca juga: Peringati HJB ke-540, PFI Pamerkan Bingkai Parlemen Kota Bogor

Di tempat yang sama, Kepala Desa Karang Tengah, Suhandi berharap, bukan hanya instansi pemerintah, namun juga masyarakat dapat berinisiatif menjaga lingkungan.

Bukan harus dengan menanam pohon, namun juga bagaimana dapat mengelola sampah minimal di lingkungan masing-masing.

“Diantaranya mengelola sampah rumah tangga, jangan dibuang sembarangan serta upayakan menanam dan merawat pohon,” pungkasnya.(cok)