25 radar bogor

Pemkab Bogor Bangunkan Huntap untuk 109 Warga Sinar Harapan Sukajaya

Huntap
Huntap di Kecamatan Sukajaya.
Huntap
Huntap di Desa Urug, Sukajaya.

SUKAJAYA-RADAR BOGOR, Sempat tak ada kejelasan, Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab) bakal bangunkan hunian tetap atau huntap bagi 109 kepala keluarga (KK) warga Kampung Sinar Harapan, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, pada Juli 2022 mendatang.

Baca Juga : Kecelakaan Lalu Lintas di Caringin, Dua Motor dan Satu Angkot Ringsek 

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertamanan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat R Jatnika menjelaskan, pihaknya telah melakukan penandatangan kontrak dengan kontraktor dan pengawas untuk pekerjaan penyiapan lahan huntap (land clearing dan cut and fill).

“Itu lokasinya masuk Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg. Rencananya, Juli sudah bisa dimulai pembangunan huntapn,” kata Ajat, Kamis (2/6/2022).

Dia menjelaskan, pembangunan huntap ditargetkan sebanyak 467 unit. Dari jumlah tersebut, 109 di antaranya dikhususkan bagi warga dari Kampung Sinar Harapan, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya.

“Insya Allah, Juli sudah dimulai pembangunannya dan ditargetkan selesai Desember 2022. Nanti ada 109 unit untuk warga dari Kampung Sinar Harapan. Karena kampung itu zona merah, jadi harus direlokasi,” ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Perumahan DPKPP Kabupaten Bogor, Dede Armansyah mengatakan bahwa, pembangunan Huntap Tahun 2022 akan segera dimulai dan dipastikan 2024 selesai. Meskipun masih banyak jumlah warga yang mengisi hunian sementara.

“Sebenarnya kebutuhan pengungsi Sukajaya dan Cigudeg kurang lebih 2500 unit rumah. Jumlah ini belum termasuk di wilayah Nanggung yang perlu mendapat perbaikan,” katanya.

Ia menuturkan, hasil rakor bulan lalu diberikan arahan penanganan korban bencana, bahwa harus selesai paling lambat 2024. Artinya, tahun depan harus ada progres mengingat kepala keluarga yang terdampak harus disegerakan dibangun huntap.

Baca Juga : Pemdes se-Sukajaya Minta Prioritaskan Huntap Warga Terdampak Bencana

“Jadi ada beberapa skema, pertama hunian tetap dengan dibangun pemerintah, kedua bantuan sosial relokasi mandiri nilainya sekitar Rp62 juta setiap kepala keluarga, dan ini pernah dilakukan oleh BPBD pada tahun 2014 yang lalu,” katanya.

Saat ini pembangunan huntap yang sudah selesai di Kecamatan Cigudeg dan Sukajaya dengan total 563 Unit di dua lokasi yang pertama ada di Desa Urug, Kecamatan Sukajaya sebanyak 358 itu sudah selesai, dan Desa Sukaraksa 205 unit. (abi)

Reporter : Jaenal
Editor : Yosep