25 radar bogor

Sungai Aare Keruh, Pencarian Anak Ridwan Kamil dengan Rute Zig-Zag

Pencarian Anak Ridwan Kamil
Proses pencarian anak Ridwan Kamil di Sungai Aare. Sang gubernur ikut memantau pencarian anak sulungnya. (Kemenlu RI)
Pencarian Anak Ridwan Kamil
Proses pencarian anak Ridwan Kamil di Sungai Aare. Sang gubernur ikut memantau pencarian anak sulungnya. (Kemenlu RI)

SWISS-Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz di sepanjang Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, belum membuahkan hasil.

Baca Juga : Pencarian Anak Ridwan Kamil Fokus ke Bawah Permukaan Sungai, Keluarga Sudah Ikhlas

Pencarian terhambat karena keruhnya air sungai akibat lelehan salju. Karena itu, tim melakukan berbagai upaya pencarian anak Ridwan Kamil,salah satunya penelusuran dengan rute zig-zag.

Dikutip dari laman resmi KBRI Bern http://kemlu.go.id/bern tim SAR terus mencari keberadaan Eril di Sungai Aare Senin (30/5/2022). Pencarian dimulai di pagi hari pukul 09.00 waktu setempat, yang dipimpin kepala Polisi Maritim Bern.

Tim SAR menggunakan perahu pencari dengan rute secara zig-zag. Selain itu, pada satu perahu diisi 3 orang yang terdiri atas satu orang pengemudi perahu, dan dua orang lainnya menggunakan teropong yang bisa melihat ke kedalaman.

Area pencarian telah mengerucut ke lokasi yang dinilai paling potensial di wilayah Marzili. Pada sesi sore, fokus area pencarian adalah antara pintu air Schwellenmaetelli dan Engehalde dengan menggunakan perahu.

Menurut perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, berdasar informasi Polisi Maritim, proses pencarian anak Ridwan Kamil masih terkendala tingkat kekeruhan air yang bersumber dari partikel lelehan salju.

”Dalam kesempatan ini, dari otoritas Swiss, pihak KBRI diperkenankan berkoordiansi melihat dari jarak dekat. Kami lihat dari pihak KBRI juga diperkenankan untuk turut serta. Sehingga kemudian bisa berkomunikasi lebih intens,” tutur Elpi dalam keterangan Humas dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar.

Selain itu, kata Elpi, keluarga juga mendapatkan foto, video, dan laporan, ada beberapa penyelam yang sudah turun di bawah permukaan air, melakukan pencarian anak Ridwan Kamil, dan juga ada drone yang terbang rendah. Pada sesi terakhir pihak kepolisian melakukan koordinasi menyampaikan progres dan evaluasi.

Baca Juga : Pengalaman Tim SAR, Pencarian Anak Ridwan Kamil Bisa 3 Minggu. Ini Penyebabnya!

”Dalam evaluasi ini, mereka sangat terbuka menerima masukan dari pihak keluarga, termasuk saran-saran dari Kang Emil titik-titik maupun metode yang memungkinkan untuk dioptimalkan,” tutur Elpi.

”Kepolisian maritim Swiss dan aparat setempat meningkatkan effort bahkan terpantau menjadi perhatian publik secara berkala. Kami hanya berharap Allah SWT memberikan hasil yang diharapkan oleh keluarga,” tambah dia. (jpg)

Editor : Yosep