25 radar bogor

Pemkab Bogor Belum Pastikan Lokasi Layanan Loket Pertanahan Luncuran Kementerian ATR/BPN

Mall
ILUSTRASI MALL

CIBINONG-RADAR BOGOR, Setelah meluncurkan layanan loket pertanahan di AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) juga berencana membuka layanan tersebut di mall yang ada di Kabupaten Bogor.

Berbeda dengan Gerai Pelayanan Publik (GPP) yang berada di AEON Mall Sentul, layanan loket pertanahan ini khusus diperuntukan mengurus administrasi pertanahan warga Kabupaten Bogor.

Baca juga: Huntara Sudah Tak Layak, Warga Sinar Harapan Terpaksa Kembali ke Rumah Asal

Meski demikian, hingga saat ini belum ditentukan di mana layanan tersebut akan dibuka.

“Sampai saat ini masih dalam tahap koordinasi oleh BPN Kabupaten Bogor. Kira-kira di mall mana yang dinilai banyak dikunjungi masyarakat khususnya warga Bogor, disinkronkan dengan loket-loket pelayanan dari pemda, seperti perizinan, pajak dan lain-lainnya,” terang Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Eko Mujiarto kepada Radar Bogor, Senin, (30/5).

Baca juga: Program One Day Service Sasar Warga Kemang

Menurutnya, kemungkinan besar layanan itu akan digabungkan dengan GPP di AEON Mall Sentul. Namun tidak menutup kemungkinan dapat dibuka di mall-mall lainnya di Kabupaten Bogor.

Atau juga dapat dengan menyewa gedung tergantung hasil kesepakatan antara Pemkab Bogor bersama BPN Kabupaten Bogor.

Baca juga: Jumlah Sampel Terbanyak, Pemkab Bogor Siap Sukseskan SP 2022 Lanjutan

“Untuk saat ini, target Pemda dengan BPN, memaksimalkan kantor pertanahan yang ada, baik kantor induk maupun kantor pertanahan perwakilan Bogor Timur,” jelas Eko.

Sementara untuk Kantor Pertanahan Perwakilan Bogor Barat, Eko mengaku belum juga dioperasionalkan. Musababnya, kantor yang akan melayani adminitrasi pertanahan di wilayah barat Kabupaten Bogor itu belum dilengkapi fasilitas pelayanan.

Baca juga: Perpustakaan Sekolah dan Madrasah Butuh Pembinaan Perpusnas, Jumlahnya Nggak Main-main

“Kamis(2/6) besok, kami akan rapat kaitan anggaran hibah dari pemda ke BPN untuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang nantinya BPN dapat mengatur apakah memungkinkan untuk kelengkapan fasilitas di sana juga. Karena itu bagian dari pada percepatan pelayanan kepada masyarakat,” tandas Eko.(cok)

Editor: Rany