25 radar bogor

Kawasan Puncak Surganya Penjual Kambing, Pemdes Tugu Utara Wanti-wanti Wabah PMK

Jalan di Desa Tugu Utara
Kepala Desa Tugu Utara, Asep Ma'mun meminta Pemkab Bogor melakukan betonisasi terhadap jalan di Desa Tugu Utara yang kerap terendam banjir lintasan.
Kawasan Puncak
Kepala Desa Tugu Utara, Asep Ma’mun mewanti-wanti wabah PMK terkait kawasan Puncak surganya penjualan kambing.

CISARUA-RADAR BOGOR, Kawasan Puncak tepatnya Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor merupakan salah satu surganya penjual kambing dan domba.

Baca Juga : Sejumlah Tempat Wisata Baru di Tamansari Belum Bayar Pajak

Hal itu tidak terlepas dari Desa Tugu Utara sebagai destinasi wisata kuliner atau surganya kambing guling bagi wisatawan lokal maupun timur tengah di Kawasan Puncak.

Kepala Desa Tugu Utara, Asep Ma’mun memaparkan, ada banyak penjual kambing di kawasan Tugu Utara. Mereka biasanya melayani penjualan kambing guling bagi wisatawan maupun untuk kebutuhan aqiqah.

“Iya, di sini memang ada banyak peternak sekaligus penjual kambing. Ini menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat di sini,” katanya kepada Radar Bogor Senin (30/5/2022).

Perihal mulai masuknya wabah PMK (Penyakit kuku dan mulut) di Kabupaten Bogor, Asep Ma’mun mengatakan pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap peternak yang ada di kawasan Puncak, khususnya Tugu Utara.

Baca Juga : Diduga Mengantuk, Pengendara Motor Tewas Kecelakaan di Jalan Ahmad Yani

“Kita lakukan pemantauan juga. Sementara sampai saat ini Alhamdulilah belum ada temuan kasus wabah PMK di sini,” tuturnya.

Asep pun meminta agar para peternak dan penjual kambing untuk selalu memastikan hewan peliharaan mereka sehat. “Jadi kita juga terus mewanti-wanti para peternak dan pedagang kambing di sini,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep