25 radar bogor

Jumlah Sampel Terbanyak, Pemkab Bogor Siap Sukseskan SP 2022 Lanjutan

Petugas saat mendata di pemukiman wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. beberapa waktu lalu. Sebanyak 49.888 rumah tangga yang tersebar di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor akan menjadi target sampel pada Program Nasional Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) lanjutan. Foto : Hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 49.888 rumah tangga yang tersebar di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor akan menjadi target sampel pada Program Nasional Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) lanjutan.

Dengan jumlah sampel terbanyak, Pemkab Bogor siap berperan aktif dalam mensukseskan program tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin menginstruksikan jajarannya mulai dari kepala perangkat daerah, camat hingga RT dan RW untuk menginformasikan pelaksanaan sensus di wilayah masing-masing.

Baca juga: Maling Bobol Toko di Klapanunggal, Dua Karung Aksesoris Handphone Raib

“Ajak warga di wilayah masing-masing untuk menerima kedatangan petugas sensus penduduk 2020 lanjutan dan memberikan jawaban yang benar dan jujur, jika terpilih sebagai rumah tangga sampel,” ujar Burhanudin di Cibinong, Senin (30/5/2022).

Ia menjelaskan, SP 2020 lanjutan bertujuan untuk menghasilkan data terkait parameter demografi, seperti kelahiran, kematian dan migrasi serta informasi penting lainnya, yang belum bisa diperoleh pada pendataan penduduk di tahun 2020.

“Indikator yang dihasilkan dapat dimanfaatkan bukan hanya oleh pemerintah daerah, tapi juga oleh stakeholders terkait untuk keperluan perencanaan, monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan,” jelasnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, Sarwono menambahkan, SP 2020 lanjutan awalnya dilaksanakan pada 2021 lalu. Namun akibat pandemi Covid-19, ditambah adanya refocusing anggaran, alhasil kembali dilaksanakan pada 2022 ini.

Baca juga: Gandeng Kaum Muda Konsistensi The Body Shop Jaga Alam

“Terima kasih kepada Pemkab Bogor, camat, kepala desa, lurah yang telah membantu BPS Kabupaten Bogor dalam perekrutan petugas, sehingga dapat terpenuhi jumlah petugas SP 2020 lanjutan sebanyak 902 orang,” ucapnya.

Ia menambahkan, sosialisasi SP 2020 dilakukan untuk menyebarluaskan informasi tersebut dengan harapan ASN Pemkab Bogor dapat mengetahui adanya kegiatan tersebut.

“Pada akhirnya, para ASN Kabupaten Bogor dapat membantu petugas sensus untuk memberikan penjelasan kepada warga sekitar tempat tinggalnya masing-masing,” tandas Sarwono.(cok)

Editor: Rany