25 radar bogor

Satpol PP Kabupaten Bogor Sebut Belum Ada Solusi Soal PKL Pakansari

Tampak para PKL yang biasa mangkal di kawasan Stadion Pakansari, Cibinong. Hendi/Radar Bogor
Tampak para PKL yang biasa mangkal di kawasan Stadion Pakansari, Cibinong. Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor mengaku belum ada solusi mengenai keberadaan para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Stadion Pakansari, Cibinong.

Meski telah dilakukan rekayasa lalu lintas hingga penutupan sebagian area, namun masih ada PKL yang memenuhi pedestrian Stadion Pakansari.

Baca juga: Puteri Otonomi Daerah Kabupaten Bogor Lolos 22 Besar Seleksi POI 2022

“Untuk PKL masih belum ada solusi, karena kami masih belum mengizinkan PKL berjualan di sana, kami akan melakukan perapihan ketika ada yang berjualan di sana,” ucap Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Cecep Iman Nagarasid kepada wartawan,(27/5).

Cecep menegaskan, permasalahan PKL di Pakansari masih menjadi fokus pihaknya. Sering kali PKL diarahkan untuk tidak berjualan di area tersebut. Namun demikian, seakan imbauan itu tidak digubris.

Baca juga: Siapkan Pileg 2024, PPP Bogor Utara Targetkan Dua Aleg

Padahal, Stadion Pakansari merupakan aset Pemkab Bogor yang diatensi oleh pemerintah pusat.

“Masalah PKL bukan hanya tanggung jawab Satpol PP, namun juga semua termasuk Disdagin, penataan jalan oleh Dishub,” keluh Cecep.

Ia pun mengaku telah beraudiensi dengan beberapa perwakilan PKL Pakansari dan mengklaim semuanya telah mengerti bahwa kawasan Stadion Pakansari harus steril dari PKL.

Baca juga: Boxies Mall 123 Pamerkan Ratusan Kendaraan Modifikasi

“Termasuk pedestrian itu yang tidak boleh berjualan para PKL, bahkan kami dalam waktu dekat, para PKL yang ada di beberapa tempat, termasuk di Cisarua akan kami tertibkan, intinya PKL yang menganggu pedestrian, akan kami lakukan pemantauan, pengamanan, bila perlu dilakukan langkah-langkah sesuai SOP yang ada,” tegasnya.

Sebelumnya dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor pada Selasa, (17/5) lalu, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Irman Nurcahyan berharap PKL tidak lagi sembarangan memenuhi pedestrian Stadion Pakansari.

Baca juga: Pelat Nomor Putih Berlaku Juni 2022, Polresta Bogor Kota Mulai Kaji Penerapan ETLE

Dengan menghabiskan anggaran yang begitu besar, jangan sampai keberadaan PKL justru mengotori dan merusak citra Stadion Pakansari.

“Sehingga kita menginginkan bagaimana di sana ada plaza, bagaimana PKL benar-benar dialihkan ke tempat yang sudah disiapkan nanti, tentu harus ada dorongan dari Dispora termasuk Dinas Pariwisata. Termasuk event tahunan bisa dilaksanakan di sana,” tukasnya.(cok)

Editor: Rany