logo radar

Pembangunan Pagar Beton, Saluran Air dan Jalan Warga Menyempit

Pembangunan Pagar Beton, Saluran Air dan Jalan Warga Menyempit
Pembangunan Pagar Beton, Saluran Air dan Jalan Warga Menyempit

RUMPIN-RADAR BOGOR, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Irigasi Wilayah II meninjau pembangunan pagar beton di Kampung Candi Moncang RT 01/05, Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin.

Pasalnya, akibat pembangunan tersebut, saluran air di sana menyempit.

Baca juga: Kades Di Puncak Ini Siap Maju Pemilihan Bupati Bogor, Ini Orangnya!

“Ini tidak ada konfirmasi ke pihak UPT pengairan mengenai sepadan jalan sungai. Bahkan, kondisinya membuat saluran menjadi sempit,” kata Juru kunci UPT Infrastruktur Irigasi Wilayah II Muhamad Odih kepada wartawan, Minggu (29/5/2022).

Bahkan, dia menegaskan bahwa ada pelanggaran jalan, karena untuk sepadan jalan seharusnya dua meter dan pengairan juga ada batasannya.

Baca juga: BPK Jabar Kembali Audit Laporan Keuangan Pemkab Bogor

“Tapi untuk posisinya sudah mulai habis dan drainase semakin sempit, bahkan tak ada konfirmasi, kami baru tahu kemarin ketika meninjau kelokasi,” ucapnya.

Selain itu, status jalan milik PUPR juga ikut sempit dan posisi pagar sudah menutup sepadan sungai yang berada di bahu jalan.

Baca juga: Penempatan Terlalu Jauh, 4 CPNS Kabupaten Bogor Mengundurkan Diri

“Untuk ke Desa juga belum mengetahui, bisa dilihat dari patok palang sudah ada batas, agar tak ada pembangunan sepanjang irigasi, tapi malah ada pembangunan pagar beton,” tuturnya.

Odih mengungkapkan, jika dibiarkan bakal berdampak dengan melupanyaa air sungai ke pemukiman warga, akibat penyempitan drainasi.

Baca juga: Tulus hingga Raisa Bakal Ramaikan HJB ke-540, Ini Rangkaiannya 

“Jarak batas sudah habis, khawatirnya ada luapan air ke pemukiman warga karena ada penyempitan saluran, dan kami akan melaporkan ke pimpinan terlebih dahulu,” pungkasnya. (Abi)

Editor: Rany

Berita Lainnya