25 radar bogor

Puluhan Sopir Angkot di Kota Bogor Jadi Duta Tertib Lalu Lintas, Ini Tujuannya

sopir angkot
Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria, usai penobatan puluhan sopir angkot jadi Duta Tertib Lalu Lintas di Taman Ekspresi Sempur, Jumat (27/5/2022).
sopir angkot
Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria, usai penobatan puluhan sopir angkot jadi Duta Tertib Lalu Lintas di Taman Ekspresi Sempur, Jumat (27/5/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Perilaku tidak tertib para sopir angkot yang kerap menyebabkan kemacetan di Kota Bogor, menjadi perhatian Satlantas Polresta Bogor Kota.

Baca Juga : PPDB Kota Bogor : Berikut Kuota dan Jadwal Untuk SD

Tak ingin menjadi masalah yang berlarut-larut, Satlantas Polresta Bogor Kota berasama Dinas Perhubungan (Dishub) menobatkan puluhan sopir angkot yang tergabung dalam 24 trayek di Kota Bogor sebagi duta tertib Lalu Lintas.

Penobatan sopir angkot sebagai Duta Tertib Lalu Lintas itu, merupakan salah satu upaya dalam menekan kemacetan, dan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, angkot menjadi alat transportasi utama oleh sebagian besar masyarakat di Kota Bogor.

Karenanya, para sopir angkot ini harus memiliki keterampilan, pengetahuan, dan moral dalam mengemudi kendaraan. Bagaimana tertib berlalulintas saat berkendara di Kota Bogor.

“Memahami dalam menjaga keselamatan penumpang itu adalah hal yang utama. Harus mereka pedomani harus mereka pegang,” katanya, usai kegiatan penobatan Duta Tertib Lalu Lintas di Taman Ekspresi Sempur, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (27/5/2022).

“Sehingga kami berharap angka kecelakaan angkot ini bisa kita tekankan, dan bisa memahami aturan-aturan di jalan raya, dan juga bisa menghargai para pengendara lainnya,” katanya.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menyebut, sopir angkot yang menjadi Duta Tertib Lalu Lintas ini, nantinya akan menjadi kepanjangan Polantas saat di jalan raya.

“Jadi selain bapak-bapak saat ini sudah mulai sadar, apapun permasalahannya bisa dikabari ke kita, permasalahan SIM belum diperpanjang, itu akan dimudahkan, lalu ada permasalahan pengecekan kendaraan itu kita bantu,” kata Kompol Galih.

Menurutnya, keberadaan sopir angkot merupakan mitra sejajar dengan Satlantas Polresta Bogor Kota. Karenanya, ke depan pihaknya akan semakin banyak Polantas penolong jalan raya.

“Banyak sopir angkot ini menolong ibu-ibu yang hamil, yang kelelahan dan sebagainya, sehingga mereka kita jadikan sahabat dan saudara. Mereka ini adalah wakil-wakil kita tertib berlalu lintas,” ucapnya.

Baca Juga : PPDB SMP di Kota Bogor : Berikut Kuota, Mekanisme dan Daftar Jalur Zonasi

Selain menobatkan sebagai Duta Tertib Lalu Lintas, dalam kesempatan itu pihaknya menyiapkan pengecekan kesehatan.

Layanan kesehatan gratis tersebut sengaja disediakan, mengingat ada kasus supir angkot yang sempat diselamatkan anggota polisi karena mengalami serangan jantung pada saat libur Lebaran.

“Tiga minggu lalu ada sopir angkot sahabat kita yang sakit jantung sesak nafas waktu itu, tapi Alhamdulillah kepolisian Satlantas Kota Bogor juga membantunya, sehingga kami memfasilitasi rekan-rekan untuk cek kesehatan,” ucapnya.

Galih juga menambahkan, pihaknya juga membagikan sembako, pengecekan kendaraan kepada supir.

“Karena kamanan, kenyamanan, dan ketertiban lalu lintas itu bukan hanya pada posisi (sebagai) pengemudi saja, tetapi memberikan keamanan pada penumpangnya juga,” tukasnya.(ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep