Deklarasi Anti Kekerasan, Geng Motor Bubar Menjadi Ormas

Anggota Komunitas Motor XTC deklarasikan diri menjadi bagian dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) di lobi Gedung DPRD Kabupaten Bogor. Jawa Barat. Jumat (27/5/2022). Foto : Hendi
Anggota Komunitas Motor XTC deklarasikan diri menjadi bagian dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) di lobi Gedung DPRD Kabupaten Bogor. Jawa Barat. Jumat (27/5/2022). Foto : Hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Geng atau komunitas motor yang tergabung dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Kabupaten Bogor menggelar deklarasi anti kekerasan.

Bersama Polres Bogor dan unsur Forkopimda Kabupaten Bogor, perwakilan komunitas XTC (Exalt To Coitus) itu menyatakan bukan lagi yang selama ini disebut geng motor melainkan organisasi kemasyarakatan.

Baca juga: Terungkap, Pelaku Pembunuh Mayat di Kemang Merupakan Sepasang Kekasih

“Dan dari komunitas motor yang merupakan organisasi kemasyarakatan, XTC ini siap menjalin kerja sama dengan Pemkab Bogor dan aparat keamanan. Baik TNI dan Polri untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Bogor,” ungkap Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Jum’at, (27/5/2022).

Nantinya, Kapolres menerangkan, pihaknya bersama IMI Korwil Kabupaten Bogor akan membuat konsep agar bagaimana bersama-sana menjaga kondusifitas baik itu melakukan patroli gabungan maupun menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing.

Dengan berubahnya menjadi satu organisasi kemasyarakatan dalam bentuk badan hukum, lanjut Kapolres, komunitas motor yang ada, akan diberikan pembinaan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Baca juga: Kendalikan Harga Minyak Goreng Curah di Kota Bogor, Satgas Mulai Incar Distributor

“Dan akan terus melakukan pengawasan terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan di komunitas ini,” jelas AKBP Iman.

Adapun beberapa kasus yang melibatkan geng motor beberapa waktu terakhir, pihaknya memastikan, hal itu dilakukan oleh kelompok kecil yang secara kebetulan menggunakan sepeda motor.

Seperti yang terjadi di Simpang Cinangneng, Ciampea, Tim Patroli Polres Bogor mengamankan 18 remaja yang mengaku sebagai geng motor All Brothers Netral. Lantaran rata-rata masih di bawah umur dan duduk di bangku SMP, para remaja itu dikembalikan ke orang tua masing-masing agar diberikan pembinaan.

Baca juga: Aplikasi Teknologi Berbasis Climate Smart Agriculture untuk Pertanian yang Resilien Terhadap Perubahan Iklim

Di tempat yang sama, Ketua IMI Korwil Kabupaten Bogor, Aan Triana Al-Muharom menyatakan siap bersinergi dalan menjaga kondusiftas, baik keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor.

Dengan jumlah komunitas yang cukup banyak, pihaknya masih melakukan pendataan dan mendorong agar semua dapat terdaftar di IMI Jawa Barat.

“Baik itu klub hobi, kemudian klub prestasi dan lainnya, dan yang terdaftar di IMI Jabar masih pendataan. Kami harapkan juga untuk semua komunitas yang ada di Kabupaten Bogor, untuk segera mendaftarkan ke IMI Jabar dalam rangka menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.(cok)

Berita Lainnya