25 radar bogor

Siswa Asal Kota Bogor Muhammad Mikail Rais, Ungkap Rahasia Diterima di Tiga Universitas Terbaik Dunia

Muhammad Mikail Rais
Muhammad Mikail Rais, siswa SMA Cahaya Rancamaya yang diterima di tiga universitas top 100 terbaik di dunia versi QS World University Rangkings.
Muhammad Mikail Rais
Muhammad Mikail Rais, siswa SMA Cahaya Rancamaya yang diterima di tiga universitas top 100 terbaik di dunia versi QS World University Rangkings.

BOGOR-RADAR BOGOR, Muhammad Mikail Rais, siswa SMA Cahaya Rancamaya membuat bangga Kota Bogor. Betapa tidak, ia berhasil diterima di tiga universitas top 100 terbaik di dunia versi QS World University Rangkings.

Baca Juga : Keren! Mahasiswi Polbangtan Bogor Sabet Gelar Putri Kampus Persahabatan 2022

Ketiga universitas tersebut di antaranya, Nanyang Technological University Singapura, University of Toronto Kanada, dan University of Western Australia.

Muhammad Mikail Rais memang dikenal memiliki semangat dan kegigihan yang tinggi. Keberhasilannya tersebut tidak ia raih secara instan. Berbagai upaya ia siapkan selama bersekolah.

Muhammad Mikail Rais diketahui aktif mengikuti les fisika dan matematika secara online. Dirinya juga tekun mengikuti kursus bahasa asing sehingga dapat meperoleh skor IELTS yang tinggi.

Tak hanya itu, latihan menulis essay dan menjawab pertanyaan pun ia lakukan. Dengan itulah dirinya berhasil menjalani interview dengan baik.

Usaha Muhammad Mikail Rais meraih prestasi tidak hanya ia lakukan di sekolah. Di luar jam sekolah dan les dirinya belajar secara mandiri. Ini ia lakukan setiap hari di waktu sore.

Bak ungkapan “usaha tidak akan menghianati hasil”, perjuangan yang ia lakukan selama ini pada akhirnya berbuah gemilang.

Muhammad Mikail Rais menjatuhkan pilihannya kepada Nanyang Technological University (NTU), Singapura tepatnya pada jurusan Electrical and Electronic Engineering.

Pilihannya tersebut sejalan dengan cita-citanya selama ini yakni menyediakan akses listrik ke seluruh pelosok negeri.

Cita-cita mulianya didorong rasa ingin berkontribusi kepada negara yang telah memberikannya kesempatan melalui beasiswa yang ia terima.

Muhammad Mikail Rais melihat selama ini masih banyak daerah di Indonesia yang belum tersentuh aliran listrik akibat faktor geografis.

Baca Juga : Peran Krusial Bank di Sektor Pendidikan

“Masyarakat di pelosok desa juga berhak merasakan manfaat listrik dan internet untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” tuturnya.

Dirinya juga bercita-cita untuk dapat menyediakan perangkat komputer atau laptop dengan harga terjangkau.

“Buatan dalam negeri biar harganya murah sehingga bisa meningkatkan pemerataan kualitas sumber daya manusia,” ucapnya.

Muhammad Mikail Rais memang sudah dikenal sebagai siswa berprestasi sejak ia duduk di bangku SMP.

Dirinya sempat meraih mendali perak dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) untuk bidang IPA. Dan kembali berhasil meraih mendali perak di tingkat SMA dalam kompetisi yang sama untuk bidang Fisika.

Selain pandai dalam bidang akademik, Kai juga dikenal aktif berorganisasi. Dirinya sempat menjadi Ketua OSIS di sekolahnya serta aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Arab.

Lingkungan sekitar juga dinilai memberikan pengaruh baik dalam tumbuh kembangnya.

Ia dididik untuk rutin menjalankan ibadah wajib dan sunnah, dan selalu diberikan motivasi serta bimbingan oleh orang tua, guru, maupun wali asrama. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep