25 radar bogor

Dukung Kemajuan Dunia Pendidikan, JAPFA Hibahkan Kandang Penelitian Senilai 1,5 Miliar Rupiah untuk SKHB IPB University

RADAR BOGOR, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) kembali bekerja sama dengan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui penyediaan prasarana pendidikan.

Hari ini, (25/5), PT JAPFA dan SKHB IPB University menandatangani Nota Kesepahaman sekaligus melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan “SKHB-JAPFA Poultry Health Research Farm” di kawasan Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: IGTKI Diminta Kuasai Teknologi Guna Ciptakan Pembelajaran dan Inovatif

Pembangunan pusat penelitian kesehatan perunggasan tersebut merupakan wujud komitmen JAPFA terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di industri peternakan.

Selain itu, hibah kandang penelitian senilai Rp 1,5 miliar ini bertujuan untuk menunjang inovasi akademik dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang diharapkan dapat siap terjun ke dunia kerja.

Baca juga: Pemkab Bogor Diminta Naikan Anggaran Penanganan Bencana

Dalam acara tersebut, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan, pihaknya menyambut baik rencana pembangunan pusat penelitian kesehatan perunggasan di lingkungan kampus.

“Harapannya, dengan adanya prasarana penunjang pendidikan ini, dapat menghasilkan penelitian terkait kesehatan unggas yang lebih sesuai dengan kondisi di negara kita dan aplikatif untuk industri perunggasan tanah air,” katanya.

Baca juga: Hadiri Forum Ekonomi Dunia, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan dan Penerapan ESG

Menurutnya, dengan dibangunnya fasilitas penelitian ini, baik dosen maupun mahasiswa memiliki kesempatan dalam memperkaya studinya melalui eksplorasi mendalam.

Hal ini tentu sejalan dengan visi IPB University dalam mengedepankan riset dan inovasi, salah satunya di bidang pertanian dan biosains tropika.

Baca juga: Darurat Baca Buku Lebih Krusial Di Banding Darurat Buku

Dekan SKHB IPB University, Prof Drh Deni Noviana mengungkapkan, SKHB-JAPFA Poultry Health Research Farm yang akan dibangun ini menjadi fasilitas pertama yang dimiliki IPB University di bidang penelitian kesehatan perunggasan.

“Pembangunan kandang penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh segenap sivitas akademika untuk melakukan penelitian yang relevan dengan permasalahan ternak, utamanya unggas dewasa ini,” tambahnya.

Baca juga: Tak Bisa Lagi Sekedar Membaca, Tapi Harus Mencipta

Menurutnya, hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai perbaikan yang berujung pada peningkatan produktivitas dan efektivitas industri perunggasan tanah air.

Sehingga, kerjasama ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam mendorong inovasi dan meningkatkan produksi pangan berprotein hewani.

Baca juga: Gedung DPRD Kota Bogor Diteror Bom, Jihandak Lakukan Sterilisasi

Dalam kesempatan yang sama, Rachmat Indrajaya, Corporate Affairs Director JAPFA menyampaikan, pembangunan kandang penelitian ini merupakan wujud kontribusi perusahaan dalam mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), khususnya di bidang perunggasan.

“Dengan adanya kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan dampak yang berkelanjutan dan regenerasi di industri peternakan Indonesia, serta lebih jauh lagi memberi jaminan akan pasokan protein hewani berkualitas yang terjangkau bagi masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Pimpin Apel Sinergitas, Kapolresta Bogor Kota Ajak Satgas Covid-19 Tetap Waspada

Selain itu, lanjutnya, diharapkan dapat menjadikan perunggasan Indonesia berdaya saing unggul di kancah internasional. (**/Zul)