25 radar bogor

Lorin Sentul Hotel Sukses Bertahan dari Gempuran Pandemi, Tinton Soeprapto Bagikan Resepnya

Lorin Sentul Hotel Sukses Bertahan dari Gempuran Pandemi, Tinton Soeprapto Bagikan Resepnya. Sofyan/Radar Bogor
Lorin Sentul Hotel Sukses Bertahan dari Gempuran Pandemi, Tinton Soeprapto Bagikan Resepnya. Sofyan/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pandemi sempat menghantam semua sektor di Indonesia, khususnya bisnis pariwisata dan perhotelan. Meski begitu, Lorin Sentul Hotel membuktikan bisa tetap bertahan dan terus tumbuh di tengah terjangan badai Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Komisaris Utama Lorin Sentul Hotel, Tinton Soeprapto memaparkan, pertumbuhan ekonomi sudah mulai terlihat di tengah kasus-kasus Covid-19 yang mulai melandai ini.

Baca juga: Ikuti Forprov Jabar, KORMI Kota Bogor Berjaya di Kelas BMX Flatland Open

Tak hanya skala nasional, pertumbuhan juga terus terjadi di tingkat daerah seperti Kabupaten Bogor. Hal itu membuat Tinton sangat optimis menatap masa depan bisnis pariwisata dan perhotelan.

“Melalui pertumbuhan ini, memang perlu ada komunikasi bagus, salah satunya dengan pemerintah. Ini kesempatan bagus buat Lorin (Sentul Hotel). Karena bagaimanapun, Lorin juga merupakan salah satu hotel besar di Kabupaten Bogor, ada 345 kamar,” ungkap Tinton kepada Radar Bogor, usai merayakan usianya yang ke-77 tahun di Lorin, Sabtu (21/5) malam.

Baca juga: Hati-Hati! Uang Palsu Beredar di Tamansari

Meski usianya telah menginjak angka kembar tersebut, namun Tinton tak ingin berhenti berkiprah dalam dunia yang telah ditekuninya selama bertahun-tahun itu.

Ia sukses mengawinkan perhotelan dengan otomotif melalui sirkuit kebanggaan warga Jawa Barat, Sirkuit Internasional Sentul. Tinton memekankan, Lorin menjadi satu-satunya hotel yang berada di tikungan pertama suatu sirkuit.

Baca juga: Halal Bihalal, HA IPB Kota Bogor Perkuat Database Anggota

Hotelnya itupun berhasil menggenapkan usianya yang ke-11. Perayaan HUT ke-11 dari Lorin Sentul Hotel dirangkaikan dengan HUT ke-77 Tinton Soeprapto. Sejumlah rekan kerja, pembalap, dan anggota keluarga Tinton hadir dalam acara tersebut. Tak terkecuali, anaknya Ananda Mikola beserta sang istri Marcella Zalianty.

Menurut Tinton, keberhasilan Lorin terus bertahan hingga kini karena kerja sama dari semua pihak. Karyawan yang ada di dalamnya juga telah bekerja dalam waktu yang sangat lama.

Baca juga: Fahmi Idris Tutup Usia, Airlangga: Beliau Seorang Pekerja Keras yang Mudah Bergaul

Bahkan, pihaknya juga berupaya terus berkontribusi terhadap masyarakat sekitar hotel dan sirkuit agar ikut menghidupkan Kabupaten Bogor.

“Resepnya (agar bertahan dari pandemi), kita jemput bola. Kita pokoknya jemput bola. Karena mitra dan lingkungan kita itu adalah bagian dari partner kita. Bagaimana dengan pandrmi ini, kita menghadapi Covid-19, kita jemput bola. Ajak semuanya merasa memiliki,” tutur lelaki yang pernah menjadi ikon pembalap di era 70-an ini.

Baca juga: Akhirnya, Semua Korban Longsor Cijeruk Ditemukan

Kekeluargaan itu, tegas Tinton, merupakan pendekatan yang selalu ditekankan kepada semua karyawannya. Semuanya harus tumbuh bersama-sama.

Menurutnya, kekeluargaan sangat penting. Tak terbatas hanya mengacu pada konsep rumah tangga. Konsep itu diterapkan dalam bisnis perhotelan seperti Lorin Sentul Hotel.

Baca juga: Cerita Sukses UMKM BRI, Wanita di Surabaya Bangun Komunitas Usaha “Kampung Kue” Ber-omzet Puluhan Juta

“Ke depannya, kita akan terus meningkatkan mengenai pelayanan, kenyamanan, dan mutu dari hotel ini. Karena ini hotel sirkuit, jadi kegiatan sirkuit juga bisa tercover di sini. Utamanya juga MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) MICE, apakah buat rapat, pertemuan, dan segala macam. Apalagi sekarang pariwisata betul-betul menjual. Kita jangan ikut-ikutan suasana politik,” pungkas Tinton. (mam)

Editor: Rany