25 radar bogor

Endang S Thohari Dorong Peningkatan Kapasitas Petani Millenial untuk Pengembangan SDM Pertanian

Endang S Thohari Dorong Peningkatan Kapasitas Petani Millenial untuk Pengembangan SDM Pertanian
Endang S Thohari Dorong Peningkatan Kapasitas Petani Millenial untuk Pengembangan SDM Pertanian

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS.,M.Sc (A-84) pada tak hentinya terus turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi masyarakat, sekaligus hadir dalam pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh, Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian, di Bogor, Sabtu (21/5/2022).

Dalam paparannya Hj. Endang membeberkan tantangan petani di era pandemi. Khususnya untuk para petani milenial yaitu perkembangan teknologi informasi yang berbasis internet akan mempengaruhi perkembangan pertanian di era pandemi ini.

Baca juga: Cerita Sukses UMKM BRI, Wanita di Surabaya Bangun Komunitas Usaha “Kampung Kue” Ber-omzet Puluhan Juta

Demi terus mencapai kedaulatan pangan, Hj. Endang mendorong petani milenial untuk terus berkembang dengan memanfaatkan sejumlah teknologi dan bantuan pemerintah yang banyak saat ini.

“Terus kita dorong Pemerintah untuk mengedepankan alokasi anggaran percepatan pembangunan SDM, infrastrukur, prasarana dan sarana pertanian, pengembangan inovasi teknologi pertanian, serta pemberian bantuan untuk pemberdayaan Petani, Peternak, Nelayan, Pembudidaya Ikan, Masyarakat Pesisir, Petambak Garam, dan Pelaku UMKM sektor Pangan,” tegas Hj. Endang.

Baca juga: Pasca Longsor Cijeruk, Camat Cisarua Minta Semua Desa Siaga!

Adapun, lanjut Hj. Endang, tantangan mewujudkan kedaulatan pangan. Antara lain, populasi penduduk, lahan pertanian, regenerasi, pemanfaatan sumber pangan lain, teknologi pertanian, mata rantai pangan dan sumber daya manusia (SDM).

Hj. Endang pun mendukung munculnya banyak petani millenial. Ia menegaskan, Indonesia tidak bisa berdaulat pangan tanpa adanya petani. Oleh karenanya, Anggota DPR RI Komisi IV terus memberi perhatian besar bagaimana upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca juga: Evakuasi Korban Longsor Cijeruk Masih Berlanjut

“Pemerintah, masyarakat dan petani, perlu secara bergotong royong menghasilkan solusi lebih menyeluruh atas berbagai permasalahan pertanian, seperti soal harga pupuk, harga jual dan harga beli, antisipasi gagal panen dan sebagainya,” tutur Hj. Endang S Thohari.

Dalam perbincangan dengan petani milenial itu, Hj. Endang menekankan pentingnya ekonomi pertanian digital yang sudah saatnya dilirik dan dikembangkan karena dapat membantu para petani.

Baca juga: Klub Artem Spensa Segera Luncurkan Karya Lukis

Sementara itu, Hj. Endang sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Frakai Partai Gerindra terus mendorong ketahanan pangan nasional. Dengan meningkatkan anggaran mitra kerja, khususnya anggaran Kementerian Pertanian.

Mendorong program lumbung pangan daerah, mendukung peningkatan penambahan anggaran riset dan inovasi teknologi pertanian demi tewujudnya kedaulatan pangan.

Kami juga melakukan fungsi legislasi dan fungsi pengawasan dalam mendorong ketahanan pangan nasional. tegas Hj. Endang. (*)