25 radar bogor

Festival Film Cannes 2022 Diteror Wanita Tanpa Busana

Wanita Tanpa Busana di Festival Film Cannes 2022
Aksi seorang wanita tanpa busana di Festival Film Cannes 2022, Prancis, Jumat (20/5/2022) waktu setempat.
Wanita Tanpa Busana di Festival Film Cannes 2022
Aksi seorang wanita tanpa busana di Festival Film Cannes 2022, Prancis, Jumat (20/5/2022) waktu setempat.

PRANCIS-Festival Film Cannes 2022 dihebohkan dengan kemunculan seorang wanita tanpa busana, pada Jumat (20/5/2022) waktu setempat.

Baca Juga : Galang Dana, Jaket Presiden Ukraina Terjual Rp1,6 Miliar

Wanita tanpa busana itu mengecat tubuhnya dengan warna bendera Ukraina bertuliskan “Hentikan Pemerkosaan Kami”.

Wanita itu mengenakan celana dalam bernoda merah, pengunjuk rasa berteriak dan berpose di depan panggung Festival Film Cannes 2022, dan meminta untuk difoto sebelum digiring oleh petugas keamanan.

Aksi tersebut sempat mengganggu parade para tamu Festival Film Cannes 2022 yang mengenakan pakaian malam, termasuk Tilda Swinton dan Idris Elba, yang menghadiri pemutaran perdana film mereka Three Thousand Years of Longing oleh George Miller.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bulan lalu para penyelidik telah menerima laporan tentang ratusan kasus pemerkosaan di daerah-daerah yang sebelumnya diduduki oleh pasukan Rusia, termasuk serangan seksual terhadap anak-anak kecil.

Zelensky, seorang mantan aktor, meluncurkan video permohonan bantuan untuk negaranya pada upacara pembukaan Cannes pada hari Selasa.

Perang telah menjadi tema utama di Festival Film Cannes 2022 tersebut, dengan pemutaran khusus. Salah satunya menceritakan tentang Mariupolis 2, sebuah film dokumenter yang disutradara Lituania Mantas Kvedaravicius yang terbunuh di Ukraina bulan lalu dilaporkan oleh pasukan Rusia.

Ada pula film yang disutradai Sergei Loznitsa. Karyanya dalam The Natural History of Destruction, tentang pemboman kota-kota Jerman dalam Perang Dunia II.

Festival Film Cannes ke-75 mencurahkan perhatian khusus pada perang di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara pada upacara pembukaan gala sebagai tamu kejutan melalui tautan video dari Kyiv, meminta solidaritas dunia perfilman dengan rakyatnya dalam menghadapi invasi Rusia.

“Pada akhirnya, kebencian akan hilang dan diktator akan mati,” katanya kepada penonton yang memberinya tepuk tangan meriah.

Baca Juga : Presiden Ukraina Mengaku Diundang Presiden Jokowi Hadir di G20 Bali

Setelah dua tahun di mana pandemi Covid-19 meredam etalase bioskop top dunia, topeng-topeng dilepas, kartu kesehatan tidak lagi diperlukan dan bintang-bintang dari seluruh dunia siap berpesta.

Forest Whitaker (60) yang meraih Academy Award untuk The Last King of Scotland dan membintangi film kultus seperti Ghost Dog dan hit TV baru-baru ini Godfather of Harlem, menerima penghargaan Palme d’Or pada upacara pembukaan pada Cote d’Azur.

Dia adalah pemain reguler di festival tersebut, setelah memenangkan penghargaan aktingnya pada tahun 1988 untuk perannya sebagai legenda jazz Charlie Parker di Clint Eastwood’s Bird.

“Ketika saya datang ke Cannes, saya diakui sebagai seniman untuk pertama kalinya secara internasional,” katanya kepada wartawan.

“Itu benar-benar mengubah hidup saya dan lintasan karir saya dalam beberapa hal, karena itu membuat saya terlihat sebagai seorang seniman dan bukan hanya seorang pemain.”

Penumpang memadati kawasan pejalan kaki tepi pantai Croisette menjelang pemutaran perdana karpet merah pertama, Final Cut, surat cinta komedi untuk pembuatan film dan film zombie Z-list dari tim di belakang The Artist pemenang Oscar.

Sutradaranya Michel Hazanavicius mengatakan ini adalah perayaan yang menggembirakan bagi para pecinta film, yang saya harap akan mendorong orang lain untuk terlibat. (*)

Editor : Yosep