25 radar bogor

Peringati Hari Kartini, Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Mendidik Generasi

Hari Kartini
Talkshow peringatan Hari Kartini yang digelar oleh DP3A di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kamis (19/5/2022).
Hari Kartini
Talkshow peringatan Hari Kartini yang digelar oleh DP3A di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kamis (19/5/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Peringati Hari Kartini, Anggota DPRD Kota Bogor, Sri Kusnaeni menjadi narasumber talkshow yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga : Aksi Sosial KAPPAS, Berikan Bantuan Al-Qur’an dan Alat Salat ke Masjid Hingga Warga

Kegiatan bertajuk ‘Kepemimpinan Perempuan Dalam ‘Jabatan Publik / Organisasi Untuk Mewujudkan Kesetaraan Gender Dalam Pembangunan’, Sri mengungkapkan bahwa, perjuangan Kartini untuk mengangkat derajat perempuan, bukanlah untuk menjatuhkan kaum laki-laki, melainkan untuk saling menguatkan.

Perempuan sebagai makhluk, sambung Sri tidak bisa berdiri sendiri, tetapi menjadi satu kesatuan dalam institusi yang bernama keluarga dengan laki-laki.

“Kalimat yang diungkapkan kartini dalam surat-surat yang pernah ditulis olehnya bertuliskan ‘Yang kami perjuangkan pendidikan bagi perempuan, adalah agar perempuan dapat mendidik generasi’. Bukan untuk meniadakan kehebatan laki-laki, bukan untuk menjatuhkan laki-laki, tetapi untuk saling melengkapi dan menguatkan,” ujar Sri.

Sedangkan, saat membahas kehadiran perempuan dalam jabatan publik atau organisasi, Sri mengatakan bahwa perempuan harus memiliki motivasi yang jelas atas tujuannya masuk kedalam organisasi atau jabatan publik.

Baca Juga : Ratusan Minimarket Beroperasi Berdekatan Tanpa Izin, Bima Arya Ancam Tutup

Karena menurutnya, pesan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi ‘Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat kepada sesama’ harus dijadikan motivasi bagi para perempuan.

“Bagaimana kita bisa memberikan kemanfaatan seluas-luasnya kepada masyarakat, harus bisa menjadi tujuan utama kita. Hal ini bisa dilakukan dari tingkat keluarga, masyarakat, hingga tatanan pemerintahan dan organisasi,” kata Sri.

Dalam acara Hari Kartini tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan fashion designer, Frida Nursanti yang turut memberikan pandangannya terhadap peran perempuan dalam pembangunan.(ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep