25 radar bogor

Tinjau Kesiapan dan Kemampuan Produk Alutsista, Setjen Wantannas Kunjungi PT. Dirgantara Indonesia

Tinjau Kesiapan dan Kemampuan Produk Alutsista, Sesjen Wantannas Kunjungi PT. Dirgantara Indonesia
Tinjau Kesiapan dan Kemampuan Produk Alutsista, Sesjen Wantannas Kunjungi PT. Dirgantara Indonesia

RADAR BOGORSekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas RI) Laksdya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., M.Tr Opsla beserta jajarannya melaksanakan kunjungan kerja ke PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI), pada Selasa hingga Kamis, 17 – 19 Mei 2022.

Tujuannya adalah meninjau kesiapan dan kemampuan PT. DI dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan produk Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dalam negeri di bidang dirgantara.

Dirut PT. DI Gita Amperiawan menyambut kedatangan Tim Wantannas RI dengan didampingi oleh Direktur Produksi, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM, Sekertaris perusahaan beserta staf.

Baca juga: Kultur Jaringan Sukses Tekan Harga Tanaman Ekspor dari Kota Bogor

Sesjen Wantannas RI dalam kesempatan itu menjelaskan langkah strategis yang telah dilakukan pemerintah untuk mengoptimalkan kemandirian industri pertahanan nasional.

“Salah satu langkah strategis dalam mengoptimalkan kemandirian industri pertahanan nasional adalah melalui penunjukkan PT. PAL sebagai Lead Integrator di industri alpahankam Matra Laut, PT. Dirgantara Indonesia sebagai Lead Integrator di industri alpahankam Matra Udara, dan PT. Pindad (persero) sebagai Lead Integrator di industri alpahankam Matra Darat,” ujar Sesjen Wantannas.

Baca juga: Lebarkan Peluang Kerja Sama dengan Singapura, Airlangga dan Lawrence Wong Bahas Investasi KEK Kendal

Oleh karenanya, lanjut Sesjen, Wantannas RI sebagai representatif dari pemerintah akan mengupayakan semaksimal mungkin mendukung PT. DI menjadi ikon kemajuan Kedirgantaraan Indonesia.

Diharapkan PT. DImampu berkembang dan mendukung kebutuhan alut nir-militer dan militer melalui pemecahan persoalan – persoalan yang menghambat. Adapun hal tersebut telah menjadi komitmen Wantannas RI ke depan untuk memajukan industri pertahanan dalam negeri karena “tidak ada negara kuat tanpa industri pertahanan yang kuat”.

Menanggapi pernyataan Sesjen Wantannas tersebut, Dirut PT. DI menyampaikan kesiapan dan harapannya terhadap dukungan Sesjen Wantannas beserta tim dalam mewujudkan kemandirian Alutsista dalam negeri.

Baca juga: Kadis KUKMDAGIN Ungkap Penyakit Pelaku UMKM dan Inilah Solusinya

“Kami berharap dapat diberikan kesempatan terhadap pemenuhan Renstra sampai tahun 2024 yang kemudian bisa dijadikan sebagai landasan dalam membangun kapabilitas PT. DI melalui strategic partnersuntuk memperoleh alih teknologi lebih awal,” katanya.

Dari hasil kunjungan tim Wantannas RI, diketahui bahwa pencapaian kinerja PT. DI sampai saat ini telah berhasil melakukan pengiriman pesawat dan helikopter baik dalam dan luar negeri sebanyak 463 unit. Di mana 53 unit telah diekspor kepada international customer dan 410 unit kepada domestic customer.

Adapun untuk operator dalam negeri yang memanfaatkan produk PT. DI seperti pesawat NC 212i series adalah TNI AU, AD, AL, Kepolisian dan BPPT.

Baca juga: Tahun 2022, Dana Bagi Hasil Kota Bogor Ditargetkan Terima Rp502 Miliar

Dalam acara tersebut, Sesjen Wantannas RI didampingi oleh pejabat – pejabat di lingkungan Wantannas RI seperti Staf Khusus Bidang Penguatan dan Antarlembaga Taviota Bay, Deputi Bidang Pengembangan Marsda TNI Maman Suherman, M.A.P., M.Han. Deputi Bidang Sistem Nasional Brigjen TNI syachrial E. Siregar,  S.E, Deputi Bidang Poitik dan Strategi Irjen Pol Drs. Heribertus Dahana Resmiwara, S.H., M.Si, Kepala Biro umum Laksma TNI Supendi, S.T., M.Tr.Opsla dan Anjak Bidang Pullah info Kolonel Laut (P) Imam Hidayat, S.E., M.M.

Tim Wantannas RI melaksanakan dua kegiatan terpisah yaitu diskusi bersama para pejabat PT. DI dan kunjungan ke fasilitas PT. DI diantaranya Hanggar FAL dan Hanggar  N219.

Baca juga: Sempat Dikritisi Dewan, Perumda Jasa Transportasi Matangkan Skema Bagi Untung dengan Kodjari

Dalam kesempatan terpisah, Deputi Bidang Pengembangan Wantannas RI Marsda TNI Maman Suherman, M.A.P, M.Han. menjelaskan tugas dan fungsi Wantannas RI.

“Wantannas memiliki tugas salah satunya adalah merumuskan rancangan ketetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional serta menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman,” ujar Deputi.

Tahap akhir dari kunjungan kerja ini adalah pembahasan terhadap permasalahan – permasalahan krusial yang ditemukan saat diskusi dan kunjungan on the spot yang nantinya permasalahan tersebut akan dikaji dan dianalisa bersama Kementerian dan Lembaga terkait guna mendukung Renstra dalam membangun kapabilitas PT. DI agar optimal dan efisien untuk kemajuan industri Kedirgantaraan dalam negeri. (*/adv)