25 radar bogor

Tambah Tiga Emas SEA Games 2021, Indonesia Masih Tertahan di Peringkat Lima

Atlet Kota Bogor Sabet Medali Emas dan Perak di SEA Games 2021
Atlet Kota Bogor Sabet Medali Emas dan Perak di SEA Games 2021
Atlet Kota Bogor Sabet Medali Emas dan Perak di SEA Games 2021
Atlet Kota Bogor Sabet Medali Emas dan Perak di SEA Games 2021

VIETNAM-Kontingen Indonesia sukses menambah tiga medali emas pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga : Membanggakan! Atlet Kota Bogor Sabet Medali Emas dan Perak di SEA Games

Namun keberhasilan tersebut belum mampu mengangkat posisi Indonesia di klasemen perolehan medali SEA Games 2021. Saat ini, Kontingen Indonesia masih tertahan di peringkat lima.

Berdasarkan laman resmi SEA Games 2021 Vietnam, medali emas hingga siang ini didapat masing-masing dari cabang olahraga panahan, menembak, dan dayung-kano/kayak.

Panahan meraih medali emas pertamanya melalui Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Bagas Alvyanto Prastyadi pada nomor recurve beregu putra usai mengalahkan tuan rumah Vietnam dengan skor 6-2.

Sementara pada cabang olahraga dayung-kano/kayak dari empat medali emas yang diperebutkan hari ini, Indonesia meraih satu emas melalui Tri Wahyu Buwono, Andri Agus Mulyana, Joko Andriyanto, dan Sutrisno dari nomor 1000 meter kayak empat putra.

​​​​​​Andri Agus Mulayana cs melesat jauh untuk finis tercepat dengan catatan waktu 3 menit 15,905 detik guna mengalahkan lawan-lawannya dari Vietnam, Myanmar, Thailand, Singapura, dan Kamboja.

Hari ini, dayung Indonesia juga menambah medali perak melalui Maizir Riyondra yang turun pada nomor perorangan 1000 meter kayak putra.

Maizir masih kalah dari Guang Yi Lucas Teo yang finis lebih cepat untuk mengamankan medali emas pertama dayung Singapura.

Baca Juga : Jelang Timnas U-23 vs Thailand! Saddil Berpeluang Tampil, Asnawi Absen

Medali perak juga diraih Indonesia dari nomor 1000 meter kano empat putra melalui Sofiyanto, Dedi Saputra, Muh Burhan, dan Muhammad Yunus Rustandi.

Sementara itu pada kategori putri, Devita Safitri/Reski Wahyuni harus puas dengan medali perunggu setelah kalah cepat dari Vietnam dan Thailand, yang masing-masing merebut emas dan perak.

Kemudian pada cabang menembak, Fathur Gustafian dan Citra Dewi Resti menambah emas Indonesia setelah menjuarai nomor 10 M Air Rifle Mixed Team.

Pada pertandingan yang berlangsung di Hanoi National Sport Training Center, Hanoi, Vietnam, Rabu, Fathur/Citra mengalahkan tim Singapura yang terdiri dari Tan Fernel Qian Ni dan Gia Tianrui dengan skor 16-10.

Hasil ini membuat Indonesia untuk sementara mengoleksi 30 medali emas, 43 perak, 40 perunggu sehingga tertahan pada posisi kelima klasemen perolehan medali SEA Games 2021.

Vietnam masih kokoh di puncak klasemen dengan 108 medali emas, 67 medali perak, 66 medali perunggu. Thailand di bawahnya dengan 43 emas, 49 perak, 71 perunggu.

Kemudian Filipina pada posisi ketiga dengan 36 emas, 41 perak, 53 perunggu, sedangkan urutan keempat ditempati Singapura dengan 32 emas, 33 perak, 39 perunggu. (jpg)