25 radar bogor

Siap Cetak Petani Milenial, Polbangtan Sukses Gelar Penerimaan Mahasiswa Baru

Polbangtan
Tim Pengawas saat CAT PMB Polbangtan Bogor.
Polbangtan
Tim Pengawas saat CAT PMB Polbangtan Bogor.

BOGOR – RADAR BOGOR, Politeknik Pembangunan Pertanian atau Polbangtan merupakan salah satu sekolah vokasi kedinasan di bawah naungan Kementerian Petanian, yang bertujuan untuk mencetak wirausaha muda milenial di bidang pertanian.

Baca Juga : Pastikan Ketersediaan 12 Bahan Pangan Pokok, Tim Polbangtan Turun ke Pasar Ciomas

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo meyakini melalui pendidikan vokasi pada Polbangtan akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

“Dengan pendidikan vokasi, kami berharap hadir petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian, karena bagaimana pun, masa depan pertanian berada di pundak generasi milenial,” katanya.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin (job creator),” kata Dedi.

Baru-baru ini, Pusat Pendidikan Pertanian melakukan Computer Assisted Test (CAT) sebagai salah satu rangkaian penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022 serentak di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di Polbangtan Bogor.

Kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 di Polbangtan Bogor kali ini mencapai 245 orang untuk Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan. Di antaranya, 109 orang diterima melalui jalur umum yang saat ini sedang mengikuti CAT online.

Peserta yang mengikuti CAT sebanyak 504 peserta. Namun dalam 2 hari pelaksanaan total jumlah peserta sebanyak 437. Terdiri dari Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan sebanyak 155 orang, Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan sebanyak 80 orang.

Kemudian, Program Studi Agribisnis Hortikultura sebanyak 122 orang, Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian sebanyak 30 orang, dan Program Studi Kesehatan Hewan sebanyak 50 orang.

Baca Juga : Produktif di Bulan Ramadan, Mahasiswa Polbangtan Raup Untung dari Budidaya Ayam Kampung

Prosedur CAT telah disosialisasikan kepada peserta calon mahasiswa baru sejak tanggal 28 April 2022. Panduan CAT bagi peserta dan jadwal CAT dapat diakses peserta melalui laman web Polbangtan Bogor. Panduan CAT/ Tata tertib pelaksanaan ujian dapat diakses pengawas dan operator melalui whatsapp group.

Satria Utama, selaku Sub Koordinator Akademik menjabarkan teknis pelaksanaan CAT. “Adapun teknis CAT dilaksanakan secara online melalui aplikasi dari pusdiktan, dimana setiap sesi dibagi menjadi 5 room (room A, B, C, D, dan E) dan setiap room berjumlah 25 peserta”, ujarnya.

Satria menambahkan, untuk meminimalisir gangguan jaringan dan lain sebagainya pelaksanaan CAT dilaksanakan dalam satu ruang (ruang labkom) bagi tim operator, pengawas dan panitia.

“Setiap room terdiri dari 1 operator dan 1 pengawas (telah di SK-kan). Jumlah soal sebanyak 50. Terdiri dari materi soal bahasa inggris 10 soal, matematika 10 soal, kewirausahaan 15 soal, dan teknis pertanian 15 soal”, imbuhnya.

Pelaksanaan CAT setiap room terdiri dari 25 peserta 1-2 proktor dan 2 pengawas yang berasal dari Polbangtan bogor serta 1-2 tim panitia dan tim IT pusat Pusdiktan.

Selain CAT, peserta yang lolos nantinya akan melalui tahapan tes wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2022 setelah terbit pengumuman kelulusan peserta CAT. (*)

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: Polbangtan Bogor