Dewi Laila Mubarokah Diklaim Cirebon, Benn : Kalau Sudah Berprestasi Baru Diakui

Aksi atlet menembak Kota Bogor, Dewi Lailatul Mubarokah saat membela Indonesia. (Instagram Dewi Lailatul Mubarokah)
Aksi atlet menembak Kota Bogor, Dewi Lailatul Mubarokah saat membela Indonesia. (Instagram Dewi Lailatul Mubarokah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Setelah mendapat prestasi gemilang di ajang SEA Games Hanoi 2021, atlet Kota Bogor dari cabang olahraga menembak, Dewi Laila Mubarokah diklaim milik Kabupaten Cirebon. Padahal, selama dua tahun sudah dibina Kota Bogor, karena ditempat asalnya kurang perhatian.

Tambah Tiga Emas SEA Games 2021, Indonesia Masih Tertahan di Peringkat Lima

“Pertama kami tekankan membina atlet tidak ada yang instan dan butuh perjuangan panjang. Kami, kenal Dewi itu memang awal, pada saat mulai menembak di Kabupaten Cirebon,” kata Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie kepada wartawan, Rabu (18/5).

prodi haji umroh uika bogor

Benn-sapaan karibnya-mengaku, seiiring perjalanan, karena sama-sama berasal dari Jawa Barat, Dewi sempat bercerita bahwa pembinaan dan perhatiannya kurang didapatkan di wilayah asalnya.

“Karena melihat potensi bisa berkembang dan didorong ke level internasional, jadi dua tahun yang lalu saya memang dari Perbakin mengajak untuk pindah ke Kota Bogor, dan setelah itu prestasi Dewi meningkat,” jelasnya.

Selain itu dia melihat, perpindahan atlet itu sah-sah saja. Ketika hal itu terjadi bukan menjadi turun tapi naik. Inilah yang dilakukan KONI dan di Kota Bogor prestasinya terus meningkat.

“Kami berharap kepada seluruh daerah, manakala memang tidak bisa melakukan pembinaan dengan baik, dan ketika memang atlet sudah berprestasi di tempat lain, tidak usah diaku dan ingin perlakuan dan perhatian,” tegasnya.

Apalagi Benn mengungkapkan, Kota Bogor saat ini fokus dalam pembinaan atlet. “Memang Dewi aslinya warga Cirebon, ini bukanlah hal sportif di dalam olahraga. Pemerintah Kabupaten Cirebon tidak memberikan contoh yang baik ketika sudah menang, baru diaku atlet binaan mereka,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, memang membina atlet itu memerlukan jalan yang panjang dan visi jelas. “Insyallah KONI dan Pemkot Bogor memiliki itu. Semua tidak mudah dan butuh proses, makanya kami terus memberikan pembinaan maksimal terhadap atlet,” tandasnya.

Adapun klaim Dewi merupakan atlet asal Kabupaten Cirebon datang saat Bupati Cirebon, Imron Rosyadi melakukan video call dengannya, usai meraih medali emas menembak.

Dilansir dari Radar Cirebon (Radar Bogor Group), Bupati Imron mengaku baru mengetahui setelah membaca berita bahwa ada atlet menembak asal Cirebon yang meraih emas di SEA Games 2021.

Dalam kesempatan itu, bupati sempat menanyakan asal Dewi Laila dan keluarganya di Cirebon. “Lungbenda pak, Palimanan,” kata Dewi menjawab pertanyaan tersebut.

Dia juga mengaku masih sering pulang ke kampung halaman, karena ayahnya juga berdinas di Cirebon. “Kalau ke Cirebon mampir-mampir,” kata Bupati, dalam perbincangan menggunakan bahasa Cirebon. (abi)

Berita Lainnya