25 radar bogor

Medali SEA Games Sesuai Target, Saatnya Fokus ke Kualifikasi Olimpiade 2024

Atlet rowing Indonesia, Kakan Kusmana dan Ardi Isedi usai meraih medali emas SEA Games 2021. (IST)
Atlet rowing Indonesia, Kakan Kusmana dan Ardi Isedi usai meraih medali emas SEA Games 2021. (IST)

HANOI–RADAR BOGOR, Tim rowing Indonesia langsung fokus menatap Olimpiade Paris 2024 setelah mencapai target perolehan medali pada Sea Games 2021 di Vietnam.

Atlet Kabupaten Bogor Sumbang Emas, Indonesia Melesat ke Peringkat Tiga Sea Games 2021

Kepala pelatih rowing, Muhammad Hadris mengatakan, kualifikasi Olimpiade Paris 2024 tak lama lagi bergulir. Dia pun bakal mengutamakan atlet-atlet yang meraih emas SEA Games 2021.

“Atlet yang dapat medali di SEA Games ini kami persiapkan lagi. Olimpiade terakhir (Tokyo 2020) hanya satu nomor, kami akan berjuang dan semoga meloloskan banyak atlet ke Olimpiade Paris 2024,” kata Hadris seperti dilansir laman resmi Kemenpora, Selasa (17/5/2022).

Pada SEA Games Vietnam, tim rowing Indonesia mencapai target yang diberikan pemerintah yakni dengan membawa pulang delapan medali emas dan enam perak.

“Kalau khusus rowing pada SEA Games ini dengan perolehan delapan emas dan enam perak sesuai dengan target kita. Kami rencanakan terakhir di Kemenpora, kami tawarkan tujuh dan diminta delapan. Bersyukur tercapai,” ujar Hadris.

Meskipun kalah dengan Filipina dalam jumlah perolehan medali dengan selisih dua perunggu, Hadris menilai hasil tersebut membanggakan dan berkat pola pembinaan atlet yang dilakukan Pengurus Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).

Menurutnya, persiapan yang dilakukan rowing dalam menghadapi SEA Games antara lain melakukan training camp di Belanda selama satu bulan.

“Kami juga mengikuti beberapa kejuaraan pertama di Belgia, kedua di Bosbaan, Amsterdam dan di Rotterdam,” kata Hadris.

Sementara terkait Asian Games 2022 di Hangzhou, China, yang ditunda karena pandemi COVID-19, kata Hadris, menjadi kesempatan untuk lebih mematangkan persiapan.

“Dengan ditundanya Asian Games kita punya waktu lebih lama untuk mempersiapkan atlet yang ada. Sekali lagi atlet yang sukses di SEA Games kita pertahankan,” ujarnya.

Adapun delapan emas yang diraih dari rowing pada SEA Games Vietnam seluruhnya datang dari tim putra.

Sementara itu, tim putri belum mampu menyumbang sekeping pun emas pada kejuaraan kawasan Asia Tenggara itu karena mereka selalu kalah jauh berada di belakang tuan rumah selama babak final.

Tim putri Indonesia pun harus puas dengan enam perak, sementara Vietnam menyapu bersih delapan medali emas putri SEA Games.

Indonesia hanya kehilangan dua medali pada nomor Women Single Scull dan Women Double Scull, yang keduanya dimenangi oleh atlet Vietnam. (jpc)