25 radar bogor

Pertahankan Tradisi, Pemdes Bojong Gede Gelar Parade Budaya Lebaran

Pertahankan Tradisi, Pemdes Bojong Gede Gelar Parade Budaya Lebaran
Pertahankan Tradisi, Pemdes Bojong Gede Gelar Parade Budaya Lebaran

BOJONG GEDE-RADAR BOGOR, Warga Desa Bojong Gede menggelar Parade Budaya Lebaran, dengan memakai baju adat di Lapangan Siaga, Senin (16/5).

Kepala Desa Bojong Gede, Dede Malvina mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk menjaga kelestarian budaya dan meningkatkan perekonomian desa, melalui wisata religi.

Baca juga: 12 WBP Lapas Khusus Gunung Sindur Terima Remisi Waisak

“Dengan tujuan awal potensi wisata religi dan wisata ekonomi yang harus kami kedepankan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Parade Budaya Lebaran merupakan keinginan dari warga dan dianggarkan melalui APBDes.

“Masyarakat sangat menginginkan acara ini terlaksana dan ini dianggarkan oleh APBDes melalui hasil bagi pajak,” jelasnya.

Baca juga: Catat, Jadwal Keberangkatan Kereta Bogor-Sukabumi, Berlaku Besok!

Dede menegaskan, bahwa Parade Budaya Lebaran Bojong Gede dijadikan ajang silaturahmi sekaligus menjaga tradisi yang sudah ada.

“Tadi tradisinya pawai membawa dongdang beserta pakaian adat Betawi dan Sunda, serta makanan asli Bojong Gede. Ini kegiatan pertama kalinya. Untuk satu RW dimodalin Rp 500 ribu saja, peserta pawai 24 RW,” cetusnya.

Sementara salah satu warga, Awang mengungkapkan, dirinya senang dengan ide gagasan yang dibuat Pemerintah Desa Bojong Gede.

Pertahankan Tradisi, Pemdes Bojonggede Gelar Parade Budaya Lebaran.

Baca juga: Kepemimpinan Prof Bibin Rubini Berakhir, Prof Didik Notosudjono Segera Dilantik jadi Rektor Unpak

“Kami senang dan mengapresiasi kegiatan ini. Sangat bagus karena melestarikan budaya Bojong Gede dan memperkenalkan kembali kebiasaan warga disini,” katanya.

Tak hanya itu, dirinya menambahkan, selain memperkenal budaya, Parade Budaya Lebaran juga menyajikan kuliner khas yang ada di wilayahnya. (Abi)

Reporter: Abi

Editor: Rany