25 radar bogor

Kepemimpinan Prof Bibin Rubini Berakhir, Prof Didik Notosudjono Segera Dilantik jadi Rektor Unpak

Kepemimpinan Prof Bibin Rubini Berakhir, Bulan Ini Prof Didik Notosudjono bakal Dilantik jadi Rektor Unpak
Kepemimpinan Prof Bibin Rubini Berakhir, Bulan Ini Prof Didik Notosudjono bakal Dilantik jadi Rektor Unpak

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepemimpinan Prof Bibin Rubini selaku Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bogor bakal berakhir pada Senin (30/5/2022) ini.

Prof Bibin Rubini akan digantikan Prof Didik Notosudjono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Unpak Bogor.

Baca juga: 563 Warga Kota Bogor Terjangkit Demam Berdarah, Satu Diantaranya Meninggal Dunia

Adapun, rencananya pergantian pimpinan di Unpak Bogor itu akan dilangsungkan dalam kegiatan lepas sambut yang dilaksanakan pada Senin (30/5) nanti.

“Sudah (ditentukan penggantinya). Prof Didik yang akan menggantikan saya. Nanti pelantikannya tanggal 30 Mei,” kata Prof Bibin Rubini kepada wartawan baru-baru ini.

Menurut Prof Bibin Rubini, rencananya setelah masa jabatannya habis, ia akan kembali mengajar layaknya dosen yang melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Baca juga: Halte Biskita Trans Pakuan Dipindah ke Alun-alun Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat Macet

“Kembali jadi dosen yang melaksanakan tridharma perguruan tinggi baik pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,”ucapnya

Prof Bibin nantinya akan kembali sebagai dosen untuk mengajar mahasiswa S1, S2 dan S3.

“Kalau mata kuliahnya tergantung beban kerjanya. Yang pasti jadi dosen, wajib menulis buku dan jurnal ilmiah,” ujar Prof Bibin.

Diketahui, Prof Bibin Rubini dilantik menjadi Rektor Unpak Bogor sejak tahun 2008 silam. Ia menjabat selama tiga periode sebagai pemimpin tertinggi di Unpak Bogor setelah diangkat LLDIKTI.

Selama kepemimpinannya, Prof Bibin Rubini telah berhasil mencapai prestasi untuk Unpak Bogor. Diantaranya, membantu menghasilkan 10 Profesor hingga berhasil meraih akreditasi B dari sebelumnya Unpak Bogor yang belum terakreditasi.

Baca juga: Baru Tahap Pondasi, Perbaikan Jalan Amblas di Sholis Tunggu Pengerjaan PLN Selesai

Secara umum Unpak kini memiliki 12 orang guru besar, setelah dirinya mengukuhkan dua profesor baru.

Dalam momentum pengukuhan yang baru digelar pada Sabtu (14/5) itu, Prof Binin juga mengenalkan Prof. Didik Notosudjono sebagai penggantinya memimpin Unpak.

Ia meyakini di tangan Prif Didik, Unpak Bogor kedepannya akan lebih berprestasi, serta berharap apa yang sudah dirintis dan dikerjakan dapat dilanjutkan oleh rektor yang baru nanti.

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Sumo, 14 Penumpang Tewas

Baginya, bukan hanya menambah pringkat prestasi saja dengan mewujudkan Universitas yang lebih unggul tetapi dapat memenuhi kualitas sumber daya manusia.

“Saat ini Unpak memiliki 12 profesor, 10 diantaranya dilahirkan semasa pengurusan saya sebagai rektor pada masa jabatan 2008-2022,” katanya.

Diakui Prof. Bibin, untuk mencapai 10 orang guru besar di perguruan tinggi swasta sangat tidak mudah. Namun demikian, kunci utama untuk dapat mewujudkannya adalah motivasi.

Sedangkan, untuk prestasi secara akademik dirinya, Prof Bibin Rubini telah berhasil membuat 3 buku dan puluhan jurnal ilmiah yang bisa dilihat di Google Scholar. (ded)

Reporter: Dede

Editor: Rany