25 radar bogor

Dukung Airlangga Hartarto Capres 2024, Ridwan Kamil: Balas Budi ke Golkar

Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil
Ridwan Kamil bersama Airlangga Hartarto. Ketua DPP PAN Bima Arya menyebut bahwa Ridwan Kamil masuk bursa capres KIB.
Airlangga Hartarto
Ridwan Kamil bersama Airlangga hartarto di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (15/5/2022).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2024.

Baca Juga : Ridwan Kamil Temui Airlangga, Tegaskan Bakal Balas Budi Terhadap Golkar

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil usai bertemu Airlangga di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (15/5/2022).

“Pertama tentu saya mendukung cita-cita Pak Airlangga, kapasitas beliau tanggung jawabnya besar sebagai Menko Ekonomi,” ujar Ridwan Kamil.

Kang Emil (RK) sapaan akrabnya mengaku akan membalas budi Partai Golkar, lantaran sudah mendukungnya di Jawa Barat saat menjadi Gubernur.

“Kalau nanti ada dimensi-dimensi politik yang mungkin tidak bisa dihitung dari sekarang ya, menjelang-menjelang pasti, saya berbalas budilah terhadap dukungan Golkar di Jawa Barat,” tegas Emil.

Saat ditanya potensi mendampingi Ketum Golkar untuk pilpres 2024, Kang Emil belum menyampaikan kesiapannya untuk mendampingi Airlangga Hartarto berlaga di Pilpres 2024. Dia mengaku akan memberi jawaban jika waktunya sudah tepat.

Baca Juga : Dukung Disabilitas Terus Berkreasi, Menko Airlangga : Semua Kebijakan Ekonomi Inklusif terhadap Difabel

“Belum sampai ke situ, tapi kalau takdirnya sudah sampai ke situ, pertanyaannya juga dijawab dengan mudah kira-kira begitu,” tutur mantan Wali Kota Bandung ini.

Sementara itu, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Ridwan Kamil yang berlangsung sekitar 30 menit itu juga diwarnai guyonan-guyonan. Salah satunya soal sebutan untuk RK.

“Tadi saya sampaikan kepada Pak RK, singkatan RK artinya ‘Rada Kasep’,” kata Airlangga Hartarto kepada Ridwan Kami.

Emil pun menyambutnya dengan senyuman. Kemudian Airlangga menjelaskan dalam pertemuan itu membahas beberapa hal, mulai dari pembangunan ekonomi dan infrastruktur di Jawa Barat hingga perkembangan politik di Indonesia.

“Tentu dalam pembicaraan kami membahas hal lain, perkembangan politik saat ini, di mana tentu Pak Emil selaku Gubernur Jawa Barat juga didukung partai golkar agar pekerjaannya bisa berjalan dengan lancar,” kata Airlangga.

Saat ditanya terkait apakah pertemuan membahas soal Calon Presiden (Capres) 2024, Airlangga Hartarto memastikan hal itu akan dibahas secara kolektif dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP.

“Seluruhnya kita akan dibahas secara bersama secara kolektif dengan KIB.” kata Airlangga.

Airlangga memastikan bahwa KIB saat ini menjadi medium terbuka terhadap seluruh perkembangan dan dinamika politik yang ada jelang Pemilu 2024.

Menko Perekonomian ini juga memastikan, bahwa Partai Golkar akan terus mendukung kinerja Ridwan Kamil di Jawa Barat.

“Golkar mengapresiasi capaian-capaian Pak Emil dan kita ingin menjaga proyek yang sudah dibuatkan Perpresnya oleh Pak Presiden bisa dikawal sampai 2024. Untuk mengawal itu koalisi akan bisa mengakselarasi itu,” ucap Airlangga. (*)