25 radar bogor

Jalur Puncak Cianjur Macet, Antrean Kendaraan hingga Sekitar 15 Km

Ilustrasi pembangunan Tol Caringin-Cianjur
Ilustrasi pembangunan Tol Caringin-Cianjur

RADAR BOGOR, Jalur Puncak di Cianjur menuju Bogor, Jawa Barat, macet, pada Minggu (15/5).

Antrean kendaraan sepanjang sekitar 15 kilometer hingga di depan Istana Kepresidenan Cipanas. Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengurai antrean.

Baca juga: Volume Transaksi Tumbuh 175,2%, BRImo Terus Perkaya Fitur dan Inovasi Digital

Berdasar pantauan hingga Minggu (15/5) petang, antrean kendaraan terlihat memanjang hingga Jalan Raya Cugenang Cianjur.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas berupa penyekatan di sejumlah titik seperti pertigaan Pacet hingga Pasekon, Jalan Raya Cipanas, hingga pertigaan Hanjawar.

Petugas juga mengarahkan pengendara dengan tujuan Bogor mengambil jalur alternatif agar tidak terjadi macet total di jalur Puncak. Volume kendaraan yang melintas didominasi tujuan tempat wisata, hotel, dan rumah makan.

Baca juga: Kukuhkan Dua Profesor Baru, Unpak Bogor Kini Punya 12 Guru Besar 

Sistem satu arah belum dapat dilakukan pada siang hari karena volume kendaraan dari kedua arah sama-sama tinggi. Polres Cianjur, berupaya melakukan rekayasa untuk mencairkan antrean yang semakin memanjang.

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Lalu Lintas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengatakan, rekayasa lalu lintas termasuk penyekatan dilakukan untuk memutus rantai antrean yang terus memanjang, sambil menunggu sistem satu arah diberlakukan. Kepadatan lalu lintas terjadi sejak siang hingga petang.

”Sifatnya situasional, ketika pendorong dari Polres Bogor sudah dapat dilakukan, sistem satu arah akan diterapkan sebagai solusi terakhir macet di jalur Puncak. Namun sejak pagi hingga petang, arus kendaraan dari kedua arah cukup tinggi, sehingga kami masih menunggu koordinasi,” terang Yudistira, Minggu (15/5).

Selama libur panjang akhir pekan, tutur dia, sistem ganjil-genap masih berlaku di jalur Puncak. Iitu sebagai upaya menekan tingginya volume kendaraan yang dapat menyebabkan macet total. Terutama ketika tempat wisata mulai tutup pada petang hari.

”Untuk kendaraan dari arah Cianjur menuju jalur Puncak sejak siang sudah diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi agar tidak terjebak antrean dengan laju terhenti selama beberapa menit,” terang Yudistira.

Editor: Rany