25 radar bogor

Indonesia Gagal Pertahankan Piala Thomas, Ginting: Saya Sangat Kecewa

Indonesia Gagal Pertahankan Piala Thomas, Ginting: Saya Sangat Kecewa
Indonesia Gagal Pertahankan Piala Thomas, Ginting: Saya Sangat Kecewa

RADAR BOGOR, Kabar buruk datang dari Thailand. Tim Indonesia gagal mempertahankan gelar di Piala Thomas. Pada final edisi 2022 di Impact Arena, Bangkok, hari ini (15/5), Indonesia kalah 0-3 melawan India.

Baca juga: Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Sepak Bola Putra SEA Games 2021

Bagi India, gelar Piala Thomas 2022 ini adalah trofi pertama mereka dalam sejarah. Bahkan, sebelum tahun ini, India belum pernah mejejak final. India menjadi negara keenam setelah Indonesia, Tiongkok, Malaysia, Denmark, dan Jepang yang berhasil meraih gelar Piala Thomas.

Indonesia yang juga berstatus unggulan pertama tertinggal 0-1 ketika tunggal putra nomor satu Anthony Sinisuka Ginting dikandaskan Lakshya Sen dalam dua game langsung dengan skor 21-8, 17-21, dan 16-21.

Baca juga: Prabowo Subianto-Puan Terpilih Pilpres 2024: Proyek tak Mangkrak

“Kecewa, bahkan saya merasa sangat kecewa tidak bisa sumbang angka di final. Padahal, ini adalah last battle, saya kurang bisa memaksimalkan penampilan,” ucap Ginting dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Game ketiga, bisa dibilang masing-masing berada di setengah court yang enak dan court tidak enak. Cuma saat unggul 12-8 saya kurang bisa menerapkan strategi dengan baik.”

“Saat menang angin, saya tetap mencoba menyerang, cuma hari ini saya agak buru-buru dan tidak bisa me-manage tenaganya. Saya akhirnya jadi banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Ginting.

Baca juga: Jalur Puncak Cianjur Macet, Antrean Kendaraan hingga Sekitar 15 Km

Indonesia punya peluang menyamakan kedudukan pada partai kedua. Itu saat Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo hampir saja berada di ambang kemenangan karena sudah unggul 19-14 dan 20-17 pada game kedua. Di gamepertama sendiri, Ahsan/Kevin menang 21-18.

Sayang, sudah berada di ambang kemenangan, Ahsan/Kevin banyak melakukan kesalahan sendiri dan akhirnya kehilangan game kedua dengan skor 21-23. Dan pada game ketiga, Ahsan/Kevin juga sudah memimpin 16-13. Tetapi pada akhirnya juga kandas dengan skor 19-21.

“Kami minta maaf belum bisa sumbang poin bagi Indonesia. Sebenarnya kami punya kans untuk menang. Tapi, itu semua sudah kadar Allah. Kami sudah maksimal mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik, tetapi tidak bisa ambil kemenangan,” ucap Ahsan.

Baca juga: Volume Transaksi Tumbuh 175,2%, BRImo Terus Perkaya Fitur dan Inovasi Digital

“Saya dan Kevin sudah berjuang maksimal, tetapi hasilnya kalah,” tambah Ahsan.

“Di game kedua, saat unggul 19-13, saat itu mungkin lawan bermain nothing to lose.Mereka jadi susah dimatikan. Saat lawan mulai nengejar, kita malah makin hati-hati dan banyak melakukan sendiri,” timpal Kevin.

Indonesia dipastikan kalah setelah tunggal kedua Jonatan Christie tumbang di tangan Srikanth Kidambi. Jonatan kalah dalam straight game dengan skor 15-21 dan 21-23.

Editor: Rany