25 radar bogor

Keren! Putra Daerah Asal Kemang Sumbang Emas Dalam Sea Games Vietnam

Atelit Dayung asal Kabupaten Bogor selebrasi usai memenangkat lomba di SEA Game 2021 Vietnam. Foto : Dok/Diskominfo
Atelit Dayung asal Kabupaten Bogor selebrasi usai memenangkat lomba di SEA Game 2021 Vietnam. Foto : Dok/Diskominfo

CIBINONG-RADAR BOGOR, Putra daerah asal Kabupaten Bogor berhasil membawa harum nama Indonesia dalam gelaran SEA Games 2021 di Vietnam.

Bersama Ardi Isadi, Kakan Kusmana berhasil menyumbang medali emas pertama bagi Indonesia dalam cabang olahraga (Cabor) Dayung.

Baca juga: Pasca Kasus Penculikan Anak, Satpol PP Bakal Gelar Apel Setiap Wilayah

“Untuk Kakan Kusmana, atlet dari Bumi Tegar Beriman, terima kasih sudah mengharumkan nama Kabupaten Bogor, Insyaallah ada apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Bogor untuk atlet-atlet Kabupaten Bogor yang mendapatkan medali pada ajang tersebut,” ucap Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Kamis (12/5).

Iwan juga turut berbangga dengan raihan yang dicapai Kakan Kusmana. Tidak hanya melakukan yang terbaik, namun Kakan juga menginspirasi bagi semua.

Saat ini, dirinya menuturkan, sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Bogor semakin baik dan akan terus dilengkapi. Ke depannya, bagaimana pengurus cabang (pengcab) dayung harus dijadikan pengcab unggulan prestasi dengan dukungan anggaran, pelatihan yang memadai dan dukungan kegiatan yang bersifat kompetisi di tingkat lokal.

“Supaya para atlet kita ini terus mendapatkan pembinaan dengan baik, menjadi atlet-atlet unggulan. Kami juga punya Pusat Pembinaan Olahraga Pelajar Mahasiswa (PPOPM) yang memang mengakomodir atlet-atlet unggulan. Kedepan Cabor Dayung pun masuk kepada kurikulum unggulan,” jelas Iwan.

Diketahui, Kakan Kusmana yang merupakan pria asal Kemang, Kabupaten Bogor ini berlaga di nomor men’s lightweight double sculls Cabor Dayung SEA Games 2021 di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center pada Rabu (11/5/2022). Kakan Kusmana dan Ardi Isadi sukses tampil tercepat dengan perolehan waktu 7 menit 1,385 detik.

Pada Asian Games 2018, Kakan bersama Edwin Rudiana, Sulpianto, dan Memo berhasil merebut medali perak nomor quadruple scull. Sementara pada PON XX Papua tahun lalu, Kakan menjadi bagian kontingen Jawa Barat yang tampil sebagai juara umum Cabor Dayung dengan membawa pulang total 7 (tujuh) medali emas.

Pria kelahiran tahun 1996 ini turun di nomor men’s lightweight single sculls pada PON XX Papua dan sukses menjadi yang tercepat. Selanjutnya pada PON XIX Jawa Barat 2016, Kakan yang tampil di nomor men’s lightweight single sculls juga mampu merebut medali emas.(cok)