25 radar bogor

Lawan Timnas U-23 Indonesia, Pelatih Vietnam Akui Dalam Tekanan. Shin Tae-yong Optimis!

Timnas U-23
Skuad Timnas U-23 saat sedang berlatih di bawah arahan Shin Tae-yong.
Timnas U-23
Skuad Timnas U-23 saat sedang berlatih di bawah arahan Shin Tae-yong.

VIETNAM-Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi tuan rumah Vietnam pada laga Grup A sepak bola putra SEA Games 2021, di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) malam.

Baca Juga : Taklukan Leicester City 0-1, AS Roma ke Final Liga Europa. Mourinho Menangis!

Laga tersebut bakal disiarkan secara langsung di RCTI mulai pukul 19.00 WIB.

Setelah menghadapi Vietnam, Timnas U-23 akan menghadapi Timor Leste pada 10 Mei 2022, Filipina pada 13 Mei 2022, dan Myanmar pada 15 Mei 2022.

Pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong optimistis skuadnya mampu mengalahkan Vietnam. Meskipun, Shin mengakui bahwa kualitas lawan lebih baik.

“Dari segi kemampuan, saya mengakui Vietnam lebih baik. Namun, performa kami pun terus meningkat seiring keberadaan pemain-pemain yang bermain di luar negeri,” ujar Shin dikutip dari siaran pers PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan bahwa Vietnam memang melampaui Indonesia. Terutama dalam lima tahun terakhir.

Indonesia belum bisa menundukkan Vietnam mulai kelompok umur U-23 maupun senior. Terbaru, pada Piala AFF 2020, Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Vietnam.

Di sektor U-23, pada pertemuan terakhir di final sepak bola putra SEA Games 2019, Indonesia kalah 0-3.

Akan tetapi, saat ini, keadaan tidak sama. Indonesia datang ke SEA Games 2021 dengan deretan pemain muda yang membawa skuad Garuda ke final Piala AFF 2020.

Selain itu, Timnas U-23  kini diperkuat pemain-pemain yang merantau ke luar negeri. Antara lain Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Asnawi Mangkualam.

Hal tersebut juga membuat Shin Tae-yong tidak terlalu khawatir dengan dukungan penuh penonton tuan rumah pada saat pertandingan.

“Tim lawan mungkin lebih diuntungkan dengan keberadaan penonton. Namun, kalau bekerja keras, keberuntungan juga pasti akan datang kepada kami. Kami akan melakukan semuanya untuk mendapatkan poin,” tutur Shin.

Sementara itu, Pelatih Vietnam Park Hang-seo mengatakan bahwa di bawah Shin Tae-yong, Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Meski begitu, Park yakin Vietnam bisa menang. Lalu timnya melaju jauh untuk mempertahankan medali emas.

“Tim kami berada dalam tekanan yang hebat. Namun saya yakin, tim ini bisa membawa kebahagiaan kepada fans pada SEA Games ke-31,” ucap Park dikutip dari VNA. (jpg)