25 radar bogor

Endang S Thohari Beberkan Pentingnya Peran Perempuan di Parlemen

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS.,M.Sc (A-84) pada masa reses tak hentinya melaksanakan berbagai kegiatan.

Terbaru, Hj. Endang membagikan ilmunya tentang peran perempuan di parlemen, dengan liputan TV Parlemen dalam program Perempuan Parlemen DPR RI, di BSI Bogor, Kamis (28/4/2022).

Dalam paparannya, Hj. Endang menjelaskan, bahwa rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen sedikit banyak berpengaruh terhadap isu kebijakan.

Hj. Endang mengatakan, bahwa keterwakilan perempuan di Parlemen diharapkan memenuhi kuota 30 persen, sesuai dengan yang tertera pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2004 tentang Pemilu. Namun, pada periode 2019-2024 per Januari 2021 hanya terdapat 123 jumlah perempuan di DPR RI atau sekitar 21,39 Persen. Dengan demikian masih tergolong di bawah target.

Walaupun masih belum mencapai target keterwakilan 30 persen, namun persentase ini meningkat dari Pemilu sebelumnya yang persentase perempuannya hanya 5,88 persen. jelas Hj. Endang.

“Sejatinya ada beberapa keunggulan dengan adanya keterwakilan perempuan di Parlemen. Salah satunya adalah kecenderungan para perempuan untuk memperjuangkan khususnya hak-hak perempuan, hingga merumuskan kebijakan yang sifatnya jangka panjang yang langsung berdampak pada para generasi penerus bangsa,” tegas Hj. Endang.

Hj. Endang juga menjelaskan, perempuan mempunyai kecenderungan menggunakan hati dan memiliki sensitifitas untuk memperjuangkan dan menjalankan tugasnya.

Hj. Endang berharap, bahwa kesetaraan gender dalam politik di Indonesia dapat perlahan membaik dan menjadi jalan kesejahteraan bagi perempuan khususnya, dan kemakmuran bangsa Indonesia pada umumnya. (*)