25 radar bogor

Endang S Thohari Pastikan Ketersediaan Pangan dan Program KKP berbasis Kearifan Lokal untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kaltim

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) hadir secara langsung dalam kunjungan kerja reses Komisi IV DPR RI masa persidangan IV tahun sidang 2021-2022 di Provinsi Kalimantan Timur selama beberapa hari. 19/4/22

Hj. Endang bersama rombongan dari komisi IV DPR RI mengunjungi beberapa lokasi di Provinsi Kalimantan Timur yaitu Kunjungan dan Diskusi di Lokasi Pembangunan IKN Nusantara Penajam Paser Utara, lokasi kunjungan ke dua Peninjauan dan Diskusi di Desa Korporasi Sapi  di Desa Labangka Barat, Babulu, Penajam Paser Utara dalam rangka pengembangan usaha peternakan sapi untuk meningkatkan pasokan daging di masyarakat, Lokasi ke tiga menuju gudang BULOG Klandasan Ilir, Balikpapan (Perum BULOG Kanwil Kaltim Kaltara) dan lokasi kunjungan yang terakhir di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Balikpapan.

Hj. Endang, menyampaikan bahwa progres pengembangan Desa Korporasi Sapi di Kaltim berjalan baik.

Sejumlah bantuan pun sudah dilaksanakan. Seperti bantuan pembangunan kandang komunal, sebanyak 10 unit sudah dilakukan.

Bantuan prasarana pengolahan pupuk padat, timbangan ternak, bantuan pengolahan sarana biogas, pengolahan pupuk cair, bantuan pakan konsentrat, mesin chopper dan obat- obatan pun sudah dilakukan.

“Sehingga saat ini, sudah ada 500 ekor indukan impor dari 100 kelompok dan 500 ekor sapi bakalan,” kata Hj. Endang.

Meskipun begitu, Hj. Endang tetap menyarankan peternak agar memperbanyak penanaman rumput budidaya unggul
dan tidak terlalu mengandalkan rumput liar.

Hj. Endang juga meminta peternak memisahkan sapi bakalan dengan sapi
indukan dalam area lebih terpisah dan
berdasar tujuan pemeliharaan.

Mengkombinasikan sistem kawin alami
komunal selain IB, terus mengupgrade kemampuan dan ketrampilan anggota, mulai menjalin kerjasama support pemasaran dan soliditas kelompok dalam dinamika kelompok.

Selain itu dalam kunjungan dibeberapa lokasi berikutnya Hj. Endang menyampaikan salah satu Program KKP adalah memperbanyak Kampung Budidaya, khusus di Kaltim sendiri di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk komoditas ikan nila. Selain itu, KKP juga telah mencanangkan Kampung Budidaya komoditas kerapu di Kabupaten Berau.

Hj. Endang, menegaskan
“Akselerasi implementasi 3 program prioritas KKP harus dilaksanakan dengan baik yaitu penangkapan ikan terukur, pengembangan perikanan budidaya berorientasi komoditas unggulan ekspor, dan pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kesejahteraan petani, peternak dan masyarakat khususnya di Kaltim”.(*)