25 radar bogor

Bina Ilmu Agama Sejak Dini, Hafal Surah Dapat Piala Ramadan

BOGOR-RADAR BOGOR, Keutamaan bulan Ramadan juga dirasakan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Momentum bulan suci menjadi kesempatan untuk lebih banyak menanamkan nilai-nilai agama.

Salah satunya, Pekan Ramadan yang berlangsung di TK Bosowa Bina Insani. Murid-murid sejak usia dini telah diajarkan untuk menghafal surah atau ayat-ayat Alquran.

Baca juga: Lewat Lomba Keagamaan, Pupuk Keberanian Anak-anak di Bulan Ramadan

Meski kadang malu-malu, mereka terbukti bisa melafalkannya dengan cukup lancar.

Salah satu orang tua murid, Yasmin Sanad mengakui, momen hafalan surah anaknya itu mampu menggugah perasaannya.

Anak-anak sejak usia dini telah diajarkan untuk berani lantaran harus tampil satu per satu. Mereka bersaing untuk “menyetorkan” hafalan satu per satu.

Aktivitas hafalan itu sudah berlangsung setiap hari. Hanya saja, momen Ramadan menjadi kesempatan yang paling pas untuk menguji sekaligus menempa hafalan mereka.

Hal itu sekaligus semakin menyemarakkan nuansa Ramadan meskipun dalam lingkup terkecil.

“Pastinya bangga (melihat bisa menghafal seperti itu dan dapat piala), karena bagaimanapun doa ibu selalu agar anaknya jadi anak saleh dan salehah,” ungkapnya kepada Radar Bogor, Rabu (20/4).

Anak-anak itu mendapatkan piala sebagai pertanda mampu menjalankan kewajiban atau tugas mereka selama hafalan.

Selain sebagai hadiah, piala juga menjadi bentuk apresiasi atas usaha mereka dalam menghafalkan surah-surah tersebut. Dengan demikian, mereka lebih bersemangat mempelajari ilmu-ilmu agama.

“Alhamdulillah, karena itu juga terbiasa anak-anak masuk kamar mandi, makan, tidur, keluar rumah semuanya baca doa,” bebernya.

Tak hanya itu, anak-anak di sekolah itu rencananya bakal diajak berbagi, Kamis besok (21/4). Dananya dikumpulkan dari celengan yang berasal dari sumbangan setiap anak usai menjalankan salat Dhuha, saban Jumat, selama 6 bulan.

Tentunya hal itu semakin mempertajam rasa kepedulian anak-anak sejak dini selama bulan Ramadan. (mam)