Usulkan Penundaan Pemilu 2024, Cak Imin Berdalih untuk Menolong KH Ma’ruf Amin

Cak Imin
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat bersama Ma’ruf Amin. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Usulan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menunda Pemilu 2024, membuat publik bergejolak.

Baca Juga : Pemilu 2024 Sesuai Jadwal, Nurul Arifin : Golkar Dukung Penuh Keputusan Pemerintah

Cak Imin berdalih, usulan tersebut dalam rangka menolong KH Ma’ruf Amin yang baru setahun menjabat sebagai Wakil Presiden dan langsung dihantam pandemi Covid-19.

Cak Imin menyebut, banyak program pemerintah untuk rakyat tertunda dan tak bisa direalisasikan karena fokus anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Namanya usul masa enggak boleh, emang namanya negara demokrasi nggak boleh usul?,” kata Cak Imin dalam pidatonya di Harlah PMII ke-62 dikutip Channel Youtube PMII Official, Selasa (19/4/2022).

“Jadi saya itu usul dalam rangka menolong Kiai Ma’ruf Amin, dalam rangka menolong rakyat. Kenapa menolong Kiai Ma’ruf? karena supaya nanti kalau di akhirat ditanya kurang ini, kurang itu. Mesti alasannya ya karena 2 tahun pandemi enggak bisa apa-apa,” sambungnya.

Wakil Ketua DPR RI ini mengungkapkan, dua tahun pandemi membuat Pemerintah tidak bisa berbuat banyak. Pertemuan dibatasi, anggaran di DPR habis untuk mengurusi pandemi, program prioritas seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) juga belum tergarap maksimal karena dua tahun pandemi.

“Anggaran di DPR habis untuk mengurus pandemi, IKN (Ibu Kota Negara) belum tergarap sama sekali gara-gara ujar tahun (pandemi),” ungkap Cak Imin.

Cak Imin juga menuturkan, wacana penundaan Pemilu yang dilontarkannya murni usulan belaka. Meski demikian, dia juga tidak menampik terjadi penolakan dalam usulan penundaan Pemilu.

“Wajar kalau ada usulan itu. Ya kalau ditolak ya nggak apa-apa namanya juga usulan. Demokrasi itu bebas usul bebas menolak. Usul diterima atau ditolak nggak perlu demo, namanya usulan, apalagi demonya pakai gebug-gebugan kaya gini,” cetus Cak Imin.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sempat melontarkan usulan Pemilu 2024 diundur satu sampai dua tahun.

Bahkan, dia berencana mengkomunikasikan usulan penundaan Pemilu itu kepada Presiden Joko Widodo serta para pimpinan partai politik.

Wakil Ketua DPR RI fraksi PKB ini mengaku mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda, setelah menerima masukan dari pelaku UMKM, para pengusaha dan para analis ekonomi dari berbagai Perbankan.

“Agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan kemudian tidak terjadi freeze (pembekuan ekonomi) untuk mengganti stagnasi selama dua tahun masa pandemi,” tandas Cak Imin beberapa waktu lalu. (net)

Berita Lainnya