25 radar bogor

Bandung Diguncang Gempa M 3.4 dan 2.4

Ilustrasi gempa Bogor
Ilustrasi gempa Sumedang

RADAR BOGOR, Gempa bumi dengan magnitudo (M) 3.4 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dari hasil analisa BMKG, gempa tersebut merupakan gempa bumi tektonik.

Gempa Kabupaten Bandung terjadi pada hari ini pukul 19.29 WIB. Titik koordinat terletak pada 7.27 Lintang Selatan dan 107.61 Bujur Timur.

Baca juga: Gempa M4,4 Guncang Pesisir Barat Lampung

“Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 4 kilometer,” kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangannya, Selasa (19/4/2022).

Hasil analisa BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, menyebutkan gempa tersebut berjenis gempa bumi dangkal. Gempa diakibatkan aktivitas sesar lokal.

“Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” ujarnya.

Gempa susulan terjadi lagi hingga pukul 20.00 WIB. Dari hasil monitoring BMKG, gempa terjadi dengan M 2.4.

“Hingga pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan dengan M=2.4,” tuturnya.

Guncangan dirasakan warga hingga ke wilayah Pangalengan dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan beberapa orang hingga benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga kini, BMKG memastikan belum ada laporan mengenai kerusakan bagunan dari dampak gempa tersebut.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya. (*)